Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo (tengah), didampingi Koordinator Operasi Karantina dan Keamanan Hayati Pusat Karantina Ikan BKIPM, Totong Nurjaman (kiri) dan Kepala BKIPM Semarang, Sokhib (kanan), berfoto bersama para warga penerima bantuan paket ikan sehat dan bermutu, Rabu (12/4/2023).

PATI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka Bulan Mutu Karantina Ikan yang diinisiasi oleh Komisi IV DPR RI dan BKIPM, digelar kegiatan pembagian ikan sehat dan bermutu di Desa Kedalon, Kabupaten Pati, Rabu (12/4/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo, dan Koordinator Operasi Karantina dan Keamanan Hayati Pusat Karantina Ikan BKIPM, Totong Nurjaman.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala BKIPM Semarang, Sokhib, Kades Kedalon, Perwakilan Dinas Perikanan Pati, Unit Pengolahan Ikan wilayah Pati, dan Kader Penggerak PKK.

“Saat ini sangat penting rasanya untuk mengkonsumsi ikan sehat dan bermutu bebas mikroplastik. Hal dalam upaya untuk mencukupi asupan gizi bagi masyarakat, utamanya balita agar terhindar dari stunting,” kata Totong Nurjaman.

Lebih jauh Totong menjelaskan, adanya kegiatan tersebut juga mampu menyerap produk UMKM yang ada di Kabupaten Pati dan memotivasi agar meningkatkan mutu produk sehingga harapannya selanjutnya bisa melaksanakan ekspor ke luar negeri.

Sementara itu, Firman Soebagyo mewakili DPR RI dari Komisi IV dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kabupaten Pati dan Desa Kedalon mempunyai Potensi perikanan yang besar, antara lain pengrajin rajungan dan pembudidayaan ikan.

“Angka balita stunting di sini masih tinggi. Maka harapannya dengan kegiatan ini angka konsumsi ikan dapat ditingkatkan sehingga dapat mengatasi stunting,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Firman mewakili sebagai legislasi dapil setempat memberikan secara simbolis bantuan paket ikan sehat dan mutu bermutu kepada anak-anak dan lansia.

Adapun jumlah paket yang dibagikan meliputi 600 paket yang berisi produk perikanan, antara lain bandeng presto, ikan asap, bakso ikan, nugget ikan dan bandeng crispy.

Kegiatan ditutup dengan pelepasan armada angkut produk perikanan untuk selanjutnya dibagikan kepada penerima manfaat yaitu warga Desa Kedalon, Kabupaten Pati.

Hery Priyono