blank
Ilustrasi kucing. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Anabul atau yang sering disebut dengan ‘anak bulu’ merupakan julukan salah satu hewan peliharaan yaitu kucing. Kucing jadi salah satu peliharaan yang sangat disukai banyak orang. Bahkan ada orang yang menganggap jika kucing seperti anggota keluarga yang tidak boleh dilupakan.

Saat mudik tiba, tak jarang ada yang meninggalkan kucing dalam keadaan sendirian di rumah. Hal tersebut karena berbagai alasan karena mudik tidak boleh membawa hewan peliharaan, tidak bisa membawanya karena barang yang dibawa sudah banyak dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, hal tersebut akan membuat kepikiran dan rasa khawatir mengenai keadaan kucing di rumah. Apakah sudah makan? Bagaimana keadaannya dan sederet pertanyaan yang lain.

Baca Juga: Selain Dapat Mengobati Stres, 4 Manfaat Memelihara Kucing Untuk Kesehatan Mental

Namun kamu tak perlu khawatir jika merasakaan keadaan yang sama seperti penjelasan yang tadi. Dilansir dari Suara.com, berikut ada tips menarik untuk kamu yang memiliki peliharaan kucing di rumah dan akan ditinggal pergi mudik. Yuk, disimak ya.

1. Bawa ke penitipan hewan peliharaan

Salah satu opsi yang bisa kamu pilih yaitu membawa kucing kesayanganmu ke penitipan hewan peliharaan. Selama kamu pergi mudik, kamu tak perlu merasa khawatir atau gelisah dengan keadaan kucingmu.

Pasalnya di tempat penitipan peliharaan sudah mengetahui tentang perawatan hewan serta dengan fasilitas yang cukup nyaman untuk kucing kesayanganmu. Pastinya kucing kamu akan dirawat dengan cukup baik.

Tak hanya hewan kucing, anjing pun bisa lho dititipkan di tempat ini. Bagi kamu yang akan menitipkan hewan peliharaan di tempat penitipan, segera cari tahu ya tempat ini di kota kamu.

Baca Juga: Bersihkan Bulu Kucing Yang Nempel di Sofa

2. Memeriksakan kesehatan kucing sebelum mudik

Sebelum pergi mudik, hendaknya kamu memeriksakan keadaan kucing. Hal ini memastikan agar kucing dalam keadaan baik-baik saja selama ditinggal mudik. Jika kucing kesayanganmu ditinggalkan dalam keadaan sehat, kamu tak perlu merasa khawatir selama pergi mudik.

3. Titipkan ke rumah orang terdekat

Jika kamu tak ingin menitipkan kucing kesayanganmu ke tempat penitipan hewan peliharaan, kamu bisa menitipkannya ke rumah orang yang terdekat, seperti tetangga, atau rekan.

Jangan lupa untuk membawakannya mainan, serta mengenai persediaan makanan dan kebutuhan kucing yang lain selama ditinggal mudik.

Namun, akan lebih baik jika kamu menitipkan kucing tersebut kepada sesama pemelihara kucing. Karena akan lebih paham dan mengerti tentang perawatan anak bulu ini.

Baca Juga:Olahan Pakan Kucing Murah Meriah

4. Rutin menanyakan kondisi kucing

Agar rasa khawatirmu mengenai kucing kesayangan selama ditinggal mudik bisa hilang, selalu rutin tanyakan kondisinya. Kamu bisa menanyakan mengenai aktivitasnya selama seharian, bagaimana dengan pola makannya, terutama dalam hal kesehatannya apakah cukup baik atau sedang sakit.

5. Meminta bantuan seseorang untuk rutin menengok kucing di rumah

Jika kamu tak ingin menitipkan kucing ke tempat penitipan atau tak ingin menitipkan kepada rumah orang terdekat karena suatu alasan sehingga kucing sendirian di rumah, titipkan kucing dengan orang yang terpercaya. Kamu bisa meminta orang tersebut pergi menengok kucing beberapa jam sekali di rumah.

Pastikan kamu meninggalkan kebutuhan makanan serta minum yang cukup, jauhkan dari barang-barang serta tanaman berbahaya, obat-obatan yang dibutuhkan, pasir kucing yang bersih dan lain sebagainya ya.

Itulah beberapa tips bagi kamu yang hendak meninggalkan kucing ketika mudik. Meninggalkan kucing saat pergi mudik terkadang membuat hati menjadi berat karena sedih tak bertemu dalam kurun waktu beberapa hari. Namun beberapa tips di atas bisa membantumu agar tak merasa khawatir meninggalkan kucing sendirian di rumah.

Claudia