blank
Kanwil Jateng melaksanakan penilaian kompetensi jenjang untuk jabatan PK dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM, diantaranya melalui pelaksanaan pelatihan, workshop dan pengembangan kompetensi melalui uji komptensi.

Hal tersebut yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, saat melaksanakan penilaian kompetensi jenjang bagi jabatan Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan pada Balai Pemasyarakatan wilayah Jawa Tengah pada Senin (10/4/2023) di Aula Kresna Basudewa.

Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor didampingi Kepala Bagian Umum, Budhiarso Widhyarsono dan Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti hadir langsung untuk memberikan pengarahan sebelum ujian dimulai.

Hajrianor menyebut, Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah akan terus melakukan peningkatan kompetensi pegawai.

“Kegiatan ini merupakan upaya nyata Kanwil Kemenkumham Jateng untuk meningkatkan kapasitas dalam peningkatan kinerja pegawainya,” ujar Hajrianor.

Kepada para peserta, Hajrianor berpesan agar melakukan persiapan untuk menghadapi ujian ini. “Persiapkan dengan matang materi-materi terkait tugas dan fungsi pembimbing Kemasyarakatan. Persiapkan pula kesehatan fisik, harus sehat sampai ujian berakhir,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Budhiarso menyampaikan bahwa dalam tahapan setelah uji kompetensi, setiap peserta akan melakukan wawancara bersama dengan fasilitator dari Pusat Penilaian Kompetensi.

“Wawancara ini secara detail ingin menguji mengenai pengetahuan para pembimbing kemasyarakatan mengenai tugas pokok dan fungsi jabatan yang diembannya,” tukasnya.

Diketahui, sebanyak enam orang mengikuti penilaian kompetensi jenjang yang diselenggarakan selama dua hari yang diisi dengan tes potensi & CBT Kompetensi Teknis serta wawancara Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, Leaderless Group Discussion (LGD).

Ning S