blank
Kepala Dinas PUPR Kudus Arif Budi Siswanto saat memantau perbaikan ruas jalan alternatif. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kudus mulai memperbaiki sejumlah ruas jalur alternatif. Upaya ini dilakukan guna menyambut arua mudik lebaran tahun ini.

Perbaikan dilakukan diantaranya dengan menambal ruas jalan yang berlubang. Tercatat ada tujuh sampai delapan ruas jalan alternatif yang mendapat prioritas perbaikan dalam waktu dekat ini.

“Ada sekitar tujuh atau delapan ruas dengan panjang sekitar 25 kilometer,”kata Kepala Dinas PUPR Kudus, Arif Budi Siswanto saat ditemui di lokasi perbaikan ruas Ngelo-Ngetuk Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Senin (10/4).

Beberapa ruas jalan tersebut diantaranya adalah jalur Ngelo-Ngetuk Desa Ngembalrejo, Karawang-Jojo, Bulungcangkring-batas Pati, Bulungcangkring-Kesambi serta ruas-ruas jalan lainnya.

Dengan adanya perbaikan tersebut, kata Arif diharapkan dapat memberi kenyamanan dan keselamatan bagi pemudik. Selain itu, upaya ini juga bagian antisipasi jikalau jalur utama Pantura mengalami ketersendatan.

“Jadi jalau jalur utama tersendat, pemudik bisa lewat jalur alternatif dengan nyaman,”tandasnya.

Perbaikan jalan tersebut, kata Arif dilakukan menggunakan anggaran perawatan. Perbaikan dilakukan dengan tambal sulam khususnya pada bagian jalan yang berlubang.

Sementara, untuk perbaikan ruas jalan Ngelo-Ngetuk, kata Arif, perbaikan memang dilakukan untuk menambal jalan yang berlubang parah.

Menurutnya, perbaikan bersifat sementara karena rencananya pada ruas jalan tersebut akan dilakukan kegiatan peningkatan dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari DAK.

“Untuk ruas Ngelo-Ngetuk tahun ini juga akan dilakukan kegiatan peningkatan. Saat ini sudah mulai tahap perencanaan. Jadi, perbaikan yang dilakukan saat ini bersifat sementara,”tandasnya.

Di ruas Ngelo-Ngetuk ini, tercatat ada sepanjang 1,9 km yang rencananya akan diperbaiki.

“Kami menargetkan dalam dua sampai tiga hari ini perbaikan bisa selesai,”tandasnya.

Ali Bustomi