blank
Siswa SMP Muhammadiyah PK belajar mengkafani jenazah lalu menyolatkan jenazah di sekolah. Foto: SMPMPK Kottabarat

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1444 H . Kegiatan pesantren yang dipusatkan di sekolah digelar dalam jangka waktu berbeda untuk setiap jenjang kelas.

“Salah satu kegiatan Ramadan yang diikuti siswa per jenjang kelas adalah pesantren Ramadan. Pesantren digelar setiap jenjang baik kelas 7 maupun kelas 8 dan 9 selama dua hari secara bergantian waktunya,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan Rubiatun Nurush Sholihati dalam penjelasannya, Senin (10/4/2023).

Pesantren kilat digelar di sekolah, lanjut Rubiatun Nurush Sholihati sebagai momentum penguatan akhlak dan ibadah para siswa agar Ramadan tahun ini menjadi berkualitas. Dikatakan kegiatan penguatan akhlak dan ibadah para siswa sebenarnya tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadan saja, tetapi berlangsung setiap hari.

Salah satu program penguatan aklak dan ibadah harian siswa di sekolah adalah kegiatan mentoring pagi selama satu jam di sekolah. Kegiatan tersebut berupa ibadah dan mengaji.

Kegiatan pesantren per jenjang dikemas secara kreatif oleh tim guru. Seperti untuk kelas 7, yang berlangsung 31 Maret hingga 1 April lalu, siswa  diantaranya diajak  membuat kreativitas buket makanan, kajian, tilawah Al Quran, shalat tarawih berjamaah, dan lomba kultum.