blank
SAMPAIKAN MATERI - Salah satu narasumber tengah menyampaikan materi bimbingan teknis penguatan numerasi bagi para guru. (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Untuk mendongkrak dan mencetak prestasi peserta didik, terutama dalam bidang sains terus dilakukan oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Pekalongan. Salah satunya dengan menggelar bimbingan teknis penguatan numerasi bagi 110 guru dari 103 satuan pendidikan SD, di Aula B Dindik setempat, Senin (10/4/2023).

Kepala Dindik Kota Pekalongan, Zainul Hakim mengungkapkan, dalam kegiatan ini dihadirkan narasumber yang kompeten sekaligus pendamping dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah memberikan bekal seluruh pendidik yang hadir tips dan trik sekaligus bedah silabus olimpiade tingkat nasional.

“Guru yang kita ikutsertakan ini pendamping mapel di olimpiade sains nasional dengan mata pelajaran matematika dan IPA, lalu akan ditindaklanjuti dengan penajaman dan panduan siswa yang memiliki potensi untuk bisa berkompetisi di ajang OSN hingga tingkat nasional,” terangnya.

Zainul berharap melalui upaya ini, peserta didik kota Pekalongan yang mempunyai potensi dalam mata pelajaran IPA dan matematika dapat diberikan pendampingan secara intens dan tepat oleh masing-masing guru pendamping, selain itu juga diharapkan pendidik bisa mendongkrak minat agar semakin banyak peserta didik yang menekuni kedua mapel tersebut.

Lebih lanjut, kabid SD Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Unang Suharyogi menambahkan pada bedah silabus, peserta diberikan tips dan trik mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi kompetensi dengan maksmilal, “Mudah-mudahan prestasi akademik anak kota Pekalongan khususnya bidang sains meningkat, tidak hanya itu juga meningkatkan capaian numerasi guru,” pungkasnya.

Nur Muktiadi