Es lumut Hijau. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Berbagai macam minuman segar yang dingin selalu menjadi kudapan favorit orang Indonesia saat berbuka puasa. Jika Anda sudah bosan dengan es buah, ada es lumut yang terbuat dari jelly yang tak kalah menyegarkan, lho!

Adonan jelly yang menyerupai lumut dipadukan dengan susu membuat rasa minuman yang satu ini nikmat tak tertandingi. Es lumut ini termasuk sajian yang murah meriah karena Anda hanya perlu beberapa bahan saja untuk membuatnya. Mari lihat resep es lumut yang mudah dibuat di bawah ini!

Dilansir dari Suara.com, kalau Anda ingin es lumut yang benar-benar mirip lumut dengan warna hijau yang menyegarkan mata, Anda bisa coba resep es lumut nutrijel ala cookpad Ragil Wulandari @Ragil_wulan berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan:
– 30 lembar pandan
– 2 bungkus nutrijel rasa melon
– 150 gram gula pasir (bisa disesuaikan selera)
– 800 ml air
– 3 sdm fiber cream
– 300 ml air
– 1 buah batu es ukuran besar
– 1 kaleng SKM

Cara membuat es lumut:
– Langkah awal, cuci bersih pandan lalu potong-potong, kemudian blender dengan 300 ml air lalu saring.
– Setelah itu, masak sari pandan hingga mendidih, lalu larutkan nutrijel melon dengan 500 ml air dan gula aduk rata lalu campur dengan sari pandan, dan masak hingga mengental matikan kompor, setelah uap hilang silakan tambahkan bubuk acid yang ada pada kemasan nutrijel.
– Lalu, siapkan wadah yang sudah diisi batu es dan air matang secukupnya, siramkan nutrijel di batu es lalu aduk supaya membentuk lumut.
– Dalam wadah, silakan masukkan fiber cream lalu tambahkan 300 ml air masak hingga mendidih lalu dinginkan, setelah dingin masukkan lumut pandan dan juga susu, aduk rata dan sajikan.

Itulah resep es lumut beserta cara membuatnya yang bisa Anda praktikkan. Ada sedikit tips agar es lumut yang Anda buat lebih tahan lama, pastikan adonan jeli hijau benar-benar mendidih sebelum dimasuki bongkahan es batu.

Adonan yang dipaksakan dalam artian dicampur es batu padahal belum mendidih akan lebih midah rusak sehingga masa konsumsi es lumut menjadi lebih singkat. Tapi jika dibuat dengan benar, dijamin es lumut yang Anda buat bisa tahan beberapa hari dalam kulkas.

Claudia