blank
Petugas Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Grobogan saat mengecek lampu salah satu armada bus yang dipergunakan untuk armada Lebaran 2023. Foto: Satlantas Polres Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Petugas gabungan dari Satlantas Polres Grobogan, Dishub Grobogan, dan perusahaan otobus melakukan ramp check atau pengecekan armada bus, menjelang pelaksanaan arus mudik Lebaran 1444 Hijriyah, di Terminal Purwodadi, Kamis, 6 April 2023.

Pengecekan armada bus ini dilaksanakan dalam rangka memeriksa kelayakan kendaraan yang akan dipergunakan sebagai angkutan mudik Lebaran 2023.

Petugas memeriksa mengecek dari berbagai segi, seperti lampu penerangan, pengereman, surat-surat, kondisi ban, perlengkapan, juga kondisi sopir yang mengemudikan bus tersebut.

Ada 17 armada bus yang dilakukan pengecekan. Sebanyak 17 armada bus ini merupakan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari dan ke berbagai kota.

“Hari ini kita mengadakan ramp check kelayakan armada bus yang dipergunakan untuk angkutan mudik Lebaran 2023,” ujar Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Deni Eko Prasetyo.

Pelaksanaan di Terminal Purwodadi, bersama Dinas Perhubungan dan perusahaan otobus. “Ada 17 bus yang kita periksa kelayakannya,” tambah Kasat Lantas.

Dari 17 bus yang dilakukan pemeriksaan, Kasat Lantas menyebutkan seluruhnya layak untuk dipergunakan sebagai angkutan mudik Lebaran 2023.

“Semua layak dan ini harus dipertahankan agar saat dipergunakan sebagai alat angkutan mudik Lebaran 2023 ini tetap aman untuk membawa penunpang,” tambah AKP Deni Eko Prasetyo.

Pihaknya mengimbau kepada para pengemudi bus agar mematuhi peraturan lalu lintas dan memperingatkan untuk tetap beristirahat jika lelah di jalan.

“Kita sudah mendekati arus mudik Lebaran. Saya himbau agar pengemudi berhati-hati di jalan. Tetap patuhi peraturan lalu lintas. Bila lelah di jalan silahkan bergantian dengan supir cadangan atau istrirahat,” tambahnya.

Siapkan 7 Pos

Menjelang arus mudik Lebaran 2023, Polres Grobogan telah menyiapkan 7 pos di tujuh titik wilayah Kabupaten Grobogan.