Ketujuh pos tersebut yakni di Pasar Induk Purwodadi, Pos Pelayanan Simpang Lima Purwodadi, Pos Pasar Godong, Pos Wirosari, Pos Penawangan, Pos Gubug, dan Pos Monggot (Geyer).

“Untuk melayani masyarakat selama arus mudik Lebaran 2023 ini, Polres Grobogan sudah menyiapkan personel yang akan bertugas di tujuh pos tersebut hingga arus balik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Grobogan, Mundakkar mengungkapkan, pihaknya siap menerima kedatangan para pemudik asal Grobogan yang mengikuti mudik gratis dengan armada bus.

Menurut Mundakkar, ada 5 armada bus besar yang akan membawa para perantau dari Jakarta untuk mudik ke kampung halamannya di Grobogan.

Pelaksanaan ramp check dilakukan dengan menjalin sinergitas antara Polres Grobogan dan Dishub Grobogan bersama perusahaan otobus di Kabupaten Grobogan.

“Para perantau akan berangkat dari Museum Purna Bhakti TMII pada 17 April 2023 dan akan sampai di Grobogan tanggal 18 April 2023 dengan titik penurunan di Dishub Grobogan,” jelas Mundakkar.

Perkiraan jumlah pemudik asal Grobogan yang mengikuti program mudik gratis ini yaitu 250 orang.

“Sampai di Grobogan tanggal 18 April 2023, diperkirakan pukul 00.30 WIB dengan tujuan akhir Kantor Dishub Grobogan,” tambahnya.

Pihaknya menjelaskan, puncak arus mudik diperkirakan mulai tanggal 20-21 April 2023. “Untuk puncak arus balik berdasarkan data dari Time Line Angkutan Lebaran 2023 diperkirakan ada dua tahap yakni pada 25-26 April 2023 dan 30 April-1 Mei 2023,” ujar Mundakkar saat dikonfirmasi.

Tya Wiedya