blank
Wapres Ma'ruf Amin (kiri), saat mengunjungi MPP Kota Semarang, didampingi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rangkaian kunjungan kerja Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Jawa Tengah, diakhiri dengan meninjau Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Semarang, di Lantai 2 Terminal Mangkang, Selasa (4/4/2023). Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, turut mendampingi selama kunjungan itu.

Dalam kunjungannya itu, Wapres berharap, target MPP ada di seluruh kabupaten/kota dapat terwujud. ”MPP kita target di tahun 2024 ada di seluruh kabupaten/kota. Ini semua dalam rangka percepatan,” kata Wapres.

Sebagai informasi, MPP Kota Semarang mulai beroperasi pada akhir 2022 lalu. Peresmian MPP Semarang dilakukan langsung oleh Wapres Ma’ruf Amin, serentak dengan 25 MPP lainnya, pada 5 Desember 2022.

BACA JUGA: Lunas PBB P2 Lebih Awal Perusahaan, Pemerintahan Desa dan Kecamatan di Grobogan Terima Penghargaan

Sementara itu, Ganjar menyampaikan, ada temuan khusus yang dia dapati saat mendampingi Wapres. Yakni, tingkat kunjungan masyarakat di MPP Kota Semarang yang rendah.

”Sepinya ada dua indikator. Indikator pertama belum tersosialisasikan, indikator kedua memang masyarakat di Kota Semarang yang menggunakan jasa Mal Pelayanan Publik sudah paham betul tentang penggunaan digital,” ungkap Ganjar, usai Wapres Ma’ruf bertolak kembali ke Jakarta.

Disebutkan dia, jika keberadaan MPP di Kota Semarang tidak terlalu efisien, maka akan didorong perubahannya ke arah digitalisasi.

BACA JUGA: Polres Tegal Kota Sambangi Istana Yatim

”Kelak Kota Semarang akan jauh lebih cepat proses digitalisasinya. Sehingga semua bisa melihat dari peralatan dan gadget yang mereka miliki. Ini akan jauh lebih cepat,” tegas dia.

Mantan anggota DPR RI itu menambahkan, kondisi ini sebenarnya sesuai dengan wacana MPP Digital, yang disampaikan KemenPAN-RB.

”Menpan pernah menyampaikan, proses berikutnya tidak hanya Mal Pelayanan Publik, tapi pasti digital, yang mesti diinternalisasi dalam sistem yang ada,” ujarnya.

Riyan