blank
Tim asesor bersama stakeholder SMP Tahwfidz Al Huda Kedung (Foto: Sub)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka peningkatan mutu dan untuk memperoleh gambaran tingkat kelayakan dalam penyelenggaraan pendidikan, SMP Tahfidz Al Huda Kedung mengikuti akreditasi perdana Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, mulai hari Jum’at, 31 Maret 2023 sampai dengan 1 April 2023. Kegiatan berjalan dengan lancar.

Seluruh stakeholders sekolah, baik dari kepala sekolah, dewan guru, tenaga kependidikan, siswa-siswi, dan komite sekolah mewakili unsur wali murid menjadi sasaran data yang akan di-crosscek dengan data yang diajukan kepada Badan Akreditasi Nasional- S/M.

blank
Asesor wawancara dengan Komite Sekolah (Foto: Sub)

” Kami hanya mencocokkan laporan yang dikirim oleh SMP Tahfidz Al Huda dan keadaan di lapangan. Jadi kami tidak mengada-ada. Kalau ada ketidaksesuaian mari kita perbaiki,” tutur Sukanto, S. Pd., M. Pd selaku asesor.

Kegiatan akreditasi sekolah yang dilaksanakan di SMP Tahfidz Al Huda Kedung dihadiri Ketua Yayasan Al Huda Al Mahfudziyah, KH. Ahmad Mahfudz, AH., S. Pd. I., Komite sekolah, Muadlim, S. Pd. I, Kepala Sekolah Siska Wahyu Sagita, S. Pd., jajaran Dewan guru dan Tenaga Kependidikan.

blank
Penilaian 4 komponen oleh asesor Fajar Sri Utami M.Pd (Foto: Sub)

Adapun asesor yang melaksanakan visitasi di SMP Tahfidz Al Huda Kedung adalah Sukanto, S. Pd., dan Fajar Sri Utami, S. Pd., M. Pd., keduanya dari Kudus.

Beberapa komponen yang terdiri dari Mutu lulusan, Mutu Proses Pembelajaran, Mutu Guru, Mutu Manajemen Sekolah dibedah dan disinkronisasi dengan data yang telah dikirim ke asesor sehingga diperoleh data faktual kondisi sebenarnya. Dari data-data tersebut akan tergambar kinerja SMP Tahfidz Al Huda Kedung dan tingkat kelayakan dalam penyelenggaraan pendidikan.

Siska Wahyu Sagita, S. Pd., selaku Kepala Sekolah berharap agar hasil dari akreditasi ini memiliki dampak positif bagi perkembangan SMP Tahfidz Al Huda, baik dampak internal maupun eksternal. ” Kami berharap hasil akreditasi ini menjadi masukan bagi kami untuk mengevaluasi kekurangan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan,” pintanya

Harapan serupa disampaikan Muadlim, Komite sekolah SMP Tahfidz Al Huda Kedung. ” Saya mewakili wali murid merasa bangga dan bersyukur atas terselenggaranya akreditasi di SMP Tahfidz Al Huda. Semoga masukan dan bimbingan dari Tim Asesor menjadi bahan untuk pembenahan manajemen mutu di sekolah ini sehingga mutunya semakin meningkat,” paparnya.

Hadepe – Sub