blank
Ilustrasi puasa Ramadan. Foto: Dok/Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ramadan merupakan bulan suci yang penuh berkah. Karena Ramadan menjadi bulan diturunkannya Alquran, dimana seluruh umat muslim menjalani ibadah puasa.

Segala amal kebaikan akan Allah lipatgandakan di bulan penuh kemuliaan ini. Sehingga banyak orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan demi meraih Ridha-Nya. Seperti berbagi kebahagiaan dengan membagikan takjil untuk berbuka atau makan sahur.

Melansir dari Suara.com, tidak semua orang mampu menjalani serangkaian ibadah yang dikhususkan pada bulan ini dengan baik. Masih ada orang yang belum memanfaatkan bulan Ramadan dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan ampunan dari Sang Khaliq.

Sebagaimana dalam sebuah hadist disebutkan:

“Ketika Ramadan tiba, dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan setan pun dibelenggu.” (HR Muslim).

Dalam buku yang berjudul Puasa Tapi Keliru yang ditulis oleh Abdul Azis As-Sadhan menyebutkan bahwa ada 5 golongan manusia yang puasanya tidak membuahkan hasil di bulan suci Ramdan alias merugi, mereka adalah:

1. Menganggap Ramadan sama seperti bulan yang lain

Orang yang menganggap Ramadan tidak istimewa dan tidak memanfaatkannya, bahkan sampai bulan suci tersebut berlalu termasuk golongan yang merugi. Sebab, Ramadan adalah bulan suci dimana segala kebaikan akan Allah lipat gandakan.

2. Istiqamah hanya di bulan Ramadan

Bulan Ramadan memang menjadi bulan dimana orang-orang banyak berbuat kebaikan termasuk berubah menjadi alim. Tentu hal tersebut adalah hal yang sangat terpuji. Tetapi jika hanya dilakukan di bulan Ramadan saja, dan kembali bermaksiat setelah Ramadan usai adalah hal yang sangat disayangkan.

Sebagaimana yang dikatakan Imam Ahmad, “Seburuk-buruk kaum adalah mereka yang hanya mengenal Allah di bulan Ramadan saja,”

3. Puasa sebatas menahan haus dan lapar

Orang yang berpuasa hanya sebagai momen untuk menahan haus dan lapar sampai tenggelamnya fajar tetapi masih berperilaku tidak baik, seperti menggunjing, menghina sampai menyebar fitnah adalah sebuah kedustaan.

Rasulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Bukhari, “Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dan amalan dusta, maka Allah tidak butuh dengan makanan dan minuman yang ditinggalkannya (puasa).”

4. Bermalas-malasan

Seseorang yang menjalani ibadah puasanya dengan bermalas-malasan dan tidak memanfaatkan waktu di bulan Ramadan dengan sebaik-sebaiknya adalah orang yang merugi.

Ada baiknya untuk memanfaatkan waktu di bulan Ramadan dengan memperbanyak ibadah dan amalan-amalan baik lainnya seperti berinfaq dan sedekah.

5. Tetap maksiat

Mengaku muslim tapi masih saja melakukan perbuatan maksiat adalah golongan yang terburuk. Mereka menjauh dari Allah baik di bulan Ramadan maupun bulan yang lainnya. Tidak salat bahkan ketika puasa pun tanpa uzur syar’i. Naudzubillah, wallahu alam.

Ning S