blank
Alumnus SMA Negeri 1 Wonosobo angkatan tahun 78 berfoto dengan latar belakang relief tiga wajah Buddha di Watru Putih Resort Borobudur. Foto: Widiyartono R.

BOROBUDUR (SUARABARU.ID) – Candi Borobudur dikenal sebagai magnet pariwisata. Borobudur telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional. Bukan hanya sebagai kawasan strategis pariwisata nasional, Borobudur juga menyandang predikat wisata super prioritas.

Keberadaan candi yang dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra itu memang sudah menjadi ikon pariwisata nasional. Peninggalan sejarah yang berada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini menjadi tujuan penting wisatawan manca.

Maka tidak jarang tamu negara, yakni para kepala negara di berbagai dunia, bila berkunjung ke Indonesia juga singgah ke Borobudur.

Tempat wisata Watu Putih Resort Borobudur terkenal akan bentuk bangunannya yang mirip dengan Candi Borobudur. Tempat ini sempat terkenal karena bangunannya yang unik, mengundang banyaknya wisatawan untuk datang berkunjung.

blank
Gazebo di Watu Putih ini bentuk atapnya serupa dengan stupa di puncak candi Borobudur. Foto: Widiyartono R.

Seiring dengan pengembangan pariwisata di negeri ini, termasuk Jawa Tengah, maka keberadaan Borobudur sebagai magnet kemudian dioptimalisasikan sedemikian rupa.