blank
Patung Buddha Tidur juga menghiasi destinasi Watu Putih. Foto: Widiyartono R.

Di tempat ini juga ada bangunan semacam gazebo yang atapnya berbentuk stupa, bangunan joglo, musala, toilet, tempat parkir yang luas, tempat berjualan makanan dan semacamnya. “Asyik di sini selain bisa menikmati keunikan bangunan juga tersedia makanan. Bahkan kami juga bisa pinjam bangunan di sini untuk acara reuni semacam ini,” Nur, penyelenggara kegiatan reuni alumni SMA Negeri Wonosobo.

Di sini, wisatawan dapat menikmati pemandangan hamparan sawah yang asri, dan panorama tiga gunung yang eksotis yakni Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu dan Pegunungan Menoreh. Dari sini pula kita bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan.

blank
Penampakan Candi Borobudur dari ketinggian bukit destinasi Watu Putih. Foto: Widiyarton R.

Watu Putih Resort Borobudur buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Bagi pengunjung yang datang dikenai tarif sebesar Rp 15.000 per orang. Juga untuk biaya parkir kendaraan roda empat, pengunjung ditarik sebesar Rp 15.000.

Watu Putih memang bukan satu-satunya tujuan beyond Borobudur. Maka bila wisatawan ingin tuntas berwisata di kawasan candi terbesar di dunia ini, sebaiknya memang menginap. Bisa di Balkondes yang ada, warga juga menyediakan homestay, hotel juga banyak tersedia.