blank
Anggota Babinsa Serda Eko Agus (berdiri) dari Koramil-23 Karangtengah, hadir memberikan pendampingan pada acara pembagian Bansos PKH di Dusun Dayu, Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU,ID) – Menjelang Lebaran, Bantuan Sosial (Bansos) program Keluarga Harapan (PKH) Tahap-1 Tahun 2023 di Kabupaten Wonogiri, sudah bisa dibagikan kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dana Bansos PKH ini, digelontorkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga prasejahtera. Yakni kepada penduduk yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), melalui institusi perbankan yang masuk pada Himbara atau Himpunan Bank Milik Negara.

Selasa (28/3), pembagian Bansos PKH dilakukan di rumah Listiyani di Dusun Dayu, Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri. Anggota Babinsa Koramil-23/Karangtengah Serda Eko Agus, turut hadir memberikan pendampingan dan monitoring kegiatan.

Serda Eko Agus melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, di Desa Jeblogan penerima Bansos PKH sebanyak 85 KPM.

Kepada penerima Bansos PKH diimbau untuk cermat dalam menggunakannya. Bijaksana dibelanjakan kebutuhan pokok yang bermanfaat bagi keluarga, mengingat sebentar lagi akan datang Lebaran Idul Fitri.

Sebagaimana diketahui, pemerintah sejak Tahun 2007 telah meluncurkan program perlindungan sosial melalui Bansos PKH, dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Sasaran penerimanya, keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) serta fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Untuk bantuan dengan nominal Rp 1.890.000,- diberikan apabila KPM memiliki komponen ibu hamil, anak balita, pra sekolah dan anak usia sekolah (SD s/d SMP). Sedangkan yang Rp 2 juta untuk KPM PKH yang memiliki komponen lanjut usia dan penyandang disabilitas.

Bambang Pur