blank
Ia Kirana Insani. Foto: kemenag

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang, sukses meraih prestasi Nasional di bidang robotik. Dia adalah Ia Kirana Insani, yang meraih medali Emas Indonesia Youth Robot Competition (IYRC) 2023.

Ajang yang berlangsung pada Minggu (19/3/2023) di Semarang ini, diikuti para siswa sekolah dan madrasah dari berbagai daerah di Indonesia. Para pemenangnya diumumkan pada Selasa (21/3/2023).

Ia Kirana Insani sendiri, seperti dikutip dari laman kemenag.go.id, ikut di lomba bidang animasi. Dia membuat game yang bernama Playing and Helping with Lola, dengan tema Robot Helping People.

BACA JUGA: Dua Akses Jalan Terputus oleh Bencana Longsor di Bulukerto Wonogiri

Alhamdulillah, dapat medali emas. Padahal, project game ini digarap dengan kurun waktu tiga hari empat malam,” kata dia di Semarang, setelah pengumuman pemenang, Selasa (21/3/2023).

Sebelumnya, Ia juga meraih Juara III pada kompetisi robotik yang digelar UIN Walisongo. Saat itu, dia ikut di bidang creative robotic.

Pada IYRC 2023, Ia membuat game animasi bertemakan robot helping people. Ia mengaku, ingin menyampaikan pesan, di era teknologi yang serba canggih, manusia bisa memanfaatkan robot untuk membantu mereka dalam banyak hal.

BACA JUGA: Pencegahan dan Pengobatan TB Harus Ditingkatkan

”Saya coba buat robot bernama Lola, yang akan membantu teman-temannya yang sedang membutuhkan pertolongan,” paparnya.

Skema kerja game robot ini, pemain game diberi permasalahan untuk dipecahkan. Ada lima level game. Tiga level pertama berbentuk kuis. Dalam level ini, pemain game akan membantu Lola memberikan pengobatan kepada teman-temannya. Untuk level 4 dan 5, pemain game akan membantu Lola menemukan peralatan medis yang dibutuhkannya.

”Saya berharap, game ini dapat menjadi sarana edukasi kepada khalayak, bahwa kita bisa memanfaatkan teknologi dengan baik dan dapat meringankan pekerjaan manusia, serta untuk selalu tolong menolong kepada sesama,” tandasnya.

Riyan