blank
Babinsa Koptu Edi Purwanto (kanan) dari Koramil-21 Kodim 0728 Wonogiri, mendatangi lokasi longsor di Desa Conto yang memutuskan akses hubungan darat.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dua akses jalan di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri, terputus oleh bencana tanah longsor. Kejadiannya berlangsung Jumat (24/3), bersamaan dengan turunnya hujan deras dalam tepo yang lama.

Camat Bulukerto, Djuwariah, Jumat (24/3), menyatakan, setidak-tidaknya ada 5 titik longsor. Terdiri atas dua di Dusun Nglarangan, berikut masing-maisng satu di Jalan Jengggrik, Jalan Genting dan di lokasi kandang ternak milik Ridi di RT 4/RW 4. ”Tidak ada korban jiwa,” tandas Camat Djuwariah.

Babinsa Desa Conto Koramil-21/Bulukerto, Koptu Edi Purwanto melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri Pelda Indra, menyatakan, lokasi tanah longsor yang memutuskan dua jalur akses jalan berada di Dusun Nglarangan Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.

Di lokasi pertama, merusak ruas jalan menuju Sumber, Dusun Klarangan RT 01/03 Desa Conto, tepatnya di depan rumah Kasto. Lokasi kedua, berada di Dusun Ngeluh RT 4/RW 4, Desa Conto, tepatnya di ruas jalan menuju ke Gua Resi.

Jumat (24/3), bersama dengan anggota Koramil 21/Bulukerto, Babinsa Kopda Heru mendatangi lokasi kejadian, untuk melakukan checking guna melaporkan kejadiannya pada kesempatan pertama ke pimpinan.

Untuk kegiatan kerja bakti, Juamt (24/3), belum dapat dilakukan karena di lokasi masih turun hujan. Rencananya, kerja bakti gotong royong bersama unsur Polri, perangkat dan masyarakat, akan dilaksanakan Sabtu besok (25/3).

Alat Berat

Melalui koordinasi dengan perangkat desa, penanganan longsor di salah satu titik memerlukan bantuan alat berat. Hal itu mengingat volume longsorannya besar dan tidak cukup ditangani hanya dengan cara kerja bakti secara manual oleh orang.

Kepada warga masyarakat yang bermukim di lereng tebing, diminta meningkatkan kewaspadaannya. Utamanya bila turun hujan deras berkepanjangan, sebab dikhawatirkan dapat memicu bencana tanah longsor susulan.

Waraga menyatakan, bencana tanah longsor di Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri ini, merupakan kejadian kedua kalinya dalam kurun waktu 4 bulan terakhir ini. Pada akhir Bulan Nopember 2022 lalu, bencana tanah longsor juga memutuskan akses jalan desa.

Saat itu, lokasinya juga berada di Dusun Nglarangan, Desa Conto, Kecamatan Bulukerto, Wonogiri, tepatnya di samping rumah Wardi. Kejadiannya bersamaan dengan turunnya hujan deras dalam tempo lama. Lereng tebing tanah setinggi 12 Meter (M) longsor menimbuni badan jalan.

Bambang Pur