blank
Ilustrasi Kue Kastengel khas Ramadan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Salah satu kue kering yang identik dengan bulan Ramadan adalah kastengel. Memang kue kering ini banyak dijual menjelang lebaran, namun mencoba resep Kastengel sederhana lebih menarik dan bisa dikreasikan sesuai kebutuhan kita.

Kastengel memiliki tekstur dalamnya yang lembut dengan sedikit krispi di bagian luar memang akan terasa sempurna saat digigit bersamaan dengan topping keju.

Apakah Anda tertarik membuat kue kastengel sendiri di rumah? Dilansir dari Suara.com yuk simak resep Kastengel sederhana berikut!

Baca Juga: Cocok Bagi Penderita Asam Lambung, Ini Resep Sari Kurma

Melansir dari kanal YouTube CR Cook, berikut adalah resep membuat kue kastengel enak dan renyah.

Bahan:
– 400 gr tepung terigu protein rendah
– 50 gr tepung maizena
– 2 butir kuning telur
– 320 gr margarin
– 2 sdm gula halus
– 2 sdm susu bubuk
– 200 gr keju (100 gr keju edam + 100 gr keju cheddar)

Cara membuat:
1. Pertama, campurkan mentega, gula halus dengan mixer dengan kecepatan rendah selama satu menit saja.
2. Berikutnya, tambahkan kuning telur, aduk kembali sampai kuningnya tercampur dengan adonan.
3. Selanjutnya, masukkan parutan keju cheddar dan keju cheddar. Mixer kembali sampai rata, jangan terlalu lama.

4. Berikutnya masukkan susu bubuk dan tepung maizena, aduk perlahan dengan spatula sambil menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit.
5. Sebelum membentuk adonan, buat olesan kuning telur dengan mencampurkan dua butir kuning telur, satu sendok makan minyak goreng, dan dua tetes pewarna makanan kuning. Aduk sampai merata lalu sisihkan.
6. Langkah selanjutnya, buat adonan dengan memimpihkannya menggunakan rolling pin. Lapisi adonan dengan plastik supaya tidak menempel pada rolling pin.

Baca Juga : Mau Berbuka Puasa yang Segar dan Sehat? Ini Resep Smothies Buah Naga

7. Rapikan tepian adonan supaya bentuk kastengel menjadi bagus.
8. Berikutnya, cukup gunakan kertas untuk membagi cetakan adonan supaya ukuran kastengel menjadi rata.
9. Selanjutnya, olesi seluruh permukaan adonan dengan kuning telur lalu beri parutan keju di bagian atas. Tekan pelan-pelan parutan keju supaya menempel pada adonan lalu potong-potong adonan kastengel sesuai selera.

10. Berikutnya, tempatkan kastengel ke atas loyang yang sudah diolesi sedikit minyak supaya tidak lengket. Pastikan untuk memberi jarak pada setiap kastengel supaya bisa mengembang.
11. Pastikan membuka bagian atas oven tangkring. Oven selama 50 menit dengan api sedang cenderung kecil. Setelah 25 menit dioven pindahkan kastengel yang ada di bagian bawah ke atas dan sebaliknya.
12. Sementara itu, jika memakai oven elektrik, gunakan 125 derajat celcius api bawah saja selama 45 menit. Tidak perlu mengganti posisi kue kastengel.
13. Kue kastengel siap disajikan.

Itulah resep kue kastengel yang dapat kalian coba di rumah. Selamat mencoba!