blank
Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah (ketiga dari kanan), memimpin Tim Gabungan lintas instansi untuk mempersiapkan pelayanan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1444H/2023 M.(Dok. Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, memimpin Tim Gabungan survai jalur arus mudik Lebaran Idul Fitri 1444H/2023 M. Ini dilakukan dalam menyiapkan operasi Ketupat Candi Tahun 2023 di Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, semalam, menyatakan, survai itu dilakukan Selasa (21/3) dengan melibatkan para aparat dan pejabat dari 5 instansi. Tujuannya, untuk pengecekan kondisi jalur arus angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H, untuk persiapan pelayanan arus mudik sampai arus balik.

Juga dalam rencana mempersiapkan pendirian pos di sejumlah titik, dalam menyongsong pelaksanaan Operasi Ketupat Candi Tahun 2023 di Kabupaten Wonogiri. Yakni meliputi pendirian Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) Operasi Ketupat Candi 2023.

Ikut serta dalam Tim Gabungan yang dipimpin Kapolres dalam melakukan survai, Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Oktavianto, Wakapolres Kompol Andi Mohammad Mekuo, Kasatpol-PP Joko Susilo, Kabag Ops Polres Kompol Dr Dwi Krisyanto.

Juga hadir Pimpinan Jasa Raharja Wonogiri, Hadi, berikut yang mewakili Kepala DPU Sartono, Kepala Dishub Waluyo, Kepala Terminal Agus Hasto Purwanto, Kasat Lantas AKP Maryono, Kasat Reskrim AKP Supardi, Kasi Humas AKP Anom Prabowo, Kasat Samapta Iptu Tri Agus, Sekretaris Dinkes Teguh Santoso, Kanit IV Sat Intelkam Ipda Sutarto.

Jalan Rusak

Dalam kegiatannya, Tim Gabungan melaksanakan pengecekan tempat-tempat rencana pendirian Pos Operasi Ketupat Candi 2023 di beberapa titik. Yakni di depan Pasar Wonogiri Kota, Terminal Induk Giri Adi Pura Krisak Selogiri, Objek Wisata Tirta Waduk Gajahmungkur.

Juga di Simpang empat Kecamatan Pracimantoro, Simpang empat Baturetno, Joglo Tunggal Dara Ngadirojo dan Pasar di Kecamatan Purwantoro. Tim Gabungan juga mengecek sampai ke tapal batas antarprovinsi Wonogiri (Jateng)-Ponorogo (Jatim) di Kecamatan Purwantoro, Wonogiri.

Saat melakukan pengecekan ruas jalan provinsi di Kecamatan Ngadirojo, menemukan bagian yang rusak sepanjang 240 Meter (M). Perinciannya, rusak parah 120 M dan rusak sedang 120 M. Oleh DPU Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, dijanjikan akan diperbaiki secara darurat dengan cara penambalan terlebih dahulu.

Tim Gabungan juga mendapati ruas jalan dengan kerusakan sedang dan jalan bergelombang di sepanjang jalur Nguntoronadi-Baturetno pada jalan antarprovinsi Wonogir (Jateng)-Pacitan (Jatim). Tepatnya dari Karangturi Kecamatan Nguntoronadi sampai dengan Desa Boto Kecamatan Baturetno.

Menurut Kapolres, pengecekan kondisi ruas jalan dilaksanakan dalam mengantisipasi timbulnya kerawanan, utamanya yang berpotensi memunculkan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas). Tim Gabungan juga perlu merancang Cara Bertindak (CB), bilamana terjadi penumpukan atau kemacetan.

Bambang Pur