blank
Foto: rudy

DEMAK (SUARABARU.ID)– Hari Jadi Ke-520 Kabupaten Demak tahun ini, terasa begitu istimewa. Hal itu dikarenakan, bertepatan dengan datangnya Bulan Suci Ramadan.

Menyambut dua momen penting itu, Dinas Pariwisata menyelenggarakan Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali 2023, sekaligus menyambut datangnya Ramadan 1444 H dan Hari Jadi Kabupaten Demak pada hari ini, Rabu (22/3/2023), yang di pusatkan di depan Masjid Agung Demak.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Endah Cahyarini menyampaikan, bazar kuliner Megengan akan berlangsung satu bulan penuh selama Ramadan. Kegiatan itu berlokasi di Pujasera area parkir Masjid Agung.

BACA JUGA: Desa Wisata Brilian Kampung Durian Diresmikan, Bupati Blora Minta Bumdes Jaga Citra

”Untuk membangkitkan perekonomian para pelaku usaha dan UKM usai terpuruk dari dampak pandemi covid-19, dan menggeliatkan kembali dunia pariwisata khususnya destinasi wisata kuliner, maka kami menggelar Festival Kuliner Ramadan selama satu bulan penuh. Tempatnya di Pujasera yang ada di area parkir Masjid Agung Demak,” kata Endah, dalam keterangannya di Demak, Rabu (22/3/2023) pagi.

Dijelaskan dia, pihaknya akan menyuguhkan beragam sajian kuliner khas Kabupaten Demak, seperti sate keong, lontong tahu, kropohan, dan makanan lainnya. Ragam kuliner untuk santap sahur maupun menu buka puasa ini, akan diikuti lebih dari 100 pedagang.

Sementara itu, Festival Megengan akan dimeriahkan dengan kirab seni dan budaya, yang diikuti 20 grup. Diperkirakan kurang lebih 1.200 orang, akan mengisi acara ini. Mereka akan tampil dengan performa yang luar biasa, dengan membawakan tarian khas dan budaya lokal.

”Festival Megengan dan Kirab Budaya Kota Wali 2023, diawali dengan iring-iringan prajurit dari Saka Pariwisata. Dilanjutkan rombongan bupati dan peserta kirab budaya, dengan
tampilan seni budaya dan kreativitas yang menarik. Acara ini dimulai pukul 13.00 WIB,” pungkas Endah.

Rudy