blank

JEPARA (SUARABARU.ID) – SDIT Amal Insani melaksanakan kunjungan edukatif, mengajak siswa kelas 1-4 ke sejumlah tempat. Kunjungan edukatif ini dilaksanakan dengan tujuan lokasi dan waktu yang berbeda-beda.

Koordinator Kegiatan pasca PTS/STS/PSA 2, Sirojudin mengatakan, selain kegiatan di dalam kelas. Para siswa juga diajak ke luar kelas untuk melihat secara langsung menganai ilmu pengetahuan baru untuk mereka.

“Selain bersenang-senang atau refreshing, kegiatan outing ini dimaksudkan untuk melatih para siswa agar berinteraksi langsung dengan sumber dan media belajar. Jadi, anak-anak bisa benar-benar mengalami langsung di lapangan,” kata Sirojudin, Selasa, 21 Maret 2023.

Pada pelaksanaan kegiatan outing ini setidaknya telah mengajarkan dan mengenalkan pada anak-anak tentang sebuah keterampilan hidup. Dan semua itu diharapkan dapat mencapai Standar Kompetensi lulusan yang memiliki keterampilan hidup (Life Skill), dan jiwa wirausaha.

Untuk siswa kelas 3 melaksanakan kunjungan edukatif ke Harumanis, Bapangan, Sokolimo. Anak-anak belajar mengenal dan mengolah makanan sebagai hasil produksi olahan makanan dalam negeri atau produk lokal. Dipandu oleh Koordinator Rombongan, Liliana Aprilianti.

Sementara Kelas 2 melaksanakan kunjungan ke kantor BBPBAP (Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau) Jepara. Di sini anak-anak belajar tentang pembudidayaan ikan di air payau.

“Banyak jenis ikan di sana yang membuat anak-anak sangat bersemangat,” kata Koordinator Rombongan Nanik Zulaekhah.

Sedangkan Kelas 1 melaksanakan kunjungan ke Museum Kartini dan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Bandengan. Di museum Kartini anak-anak belajar tentang sejarah R.A Kartini. Sedangkan di TPA, anak-anak belajar tentang pemanfaatan dan pengolahan barang-barang yang sudah tak terpakai menjadi barang dan benda yang berdayaguna.

“Banyak hal yang didapat anak-anak di antaranya tentang sejarah kelahiran dan perjuangan Kartini,” ujar Koordinator Titik Wijayanti.

Kemudian Kelas 4, bersama dengan Koordinator kelas Ari Zunaini, menggelar kegiatan di Hortimart (Bawen, Semarang). Hortimart ini merupakan tempat wisata edukasi yang sangat menarik dikunjungi oleh anak-anak. Karena menyajikan agro tour, inspirasi serta rekreasi.

Hadepe – Suli