blank
Dandim Blora menanam pohon bersama Bupati Arief Rohman pada peringatan Desa Asri Nusantara 2023 di area Waduk Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Blora,  Senin,  20 Maret 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka mendukung terwujudnya Desa Asri, sejak bulan Oktober 2022 hingga saat ini, sejumlah  109.779 pohon berhasil ditanam di beberapa desa di wilayah Kabupaten Blora.

Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan tanaman buah-buahan. Penanaman pohon pada peringatan Desa Asri Nusantara dilakukan di area Waduk Tempuran, Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Senin,  (20/3/2023).

Hadir di acara itu  Bupati Blora, Forkopimda Blora, Sekda Blora, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Kemendes PDTT, Camat Blora, Kepala Desa dan Kepala Kelurahan se-Kecamatan Blora.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora, Yayuk Windarti, S.IP. menyampaikan, bahwa  dengan penanaman ribuan pohon tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan desa masing-masing.

“Dengan penanaman ribuan pohon, diharapkan kita selalu peduli kepada lingkungan, peduli kepada desanya, sehingga akan tercipta desa asri, aman, sehat, rindang dan indah,’’ jelas  Yayuk Windarti.

Dikemukakan Yayuk Windrati, bahwa  penanaman pohon di Waduk Tempuran tersebut hanya seremoni.  Sedangkan  kegiatan  penanaman pohon sudah dilakukan mulai Oktober 2022 sampai dengan saat ini, setidaknya ada 109.779 pohon jenis  tanaman buah sudah berhasil ditanam.

Disampaikan pula, bahwa Blora menjadi salah satu dari delapan kabupaten/kota di Indonesia yang menjadi percontohan kegiatan penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Desa Asri Nusantara.

Tak hanya itu,  lanjutnya, sebanyak 294 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Blora juga didorong untuk menanam tanaman kelor, dimana bermanfaat untuk upaya pencegahan stunting.

“Di Blora juga ada gerakan perempuan menanam kelor di 294 desa dan kelurahan. Tanaman kelor bisa berfungsi untuk pencegahan stunting, selain itu, kedua untuk ketahanan pangan serta mewujudkan desa asri,” tambah Yayuk Windarti.

8.508.327 pohon ditanam di Indonesia

Upaya untuk menggiatkan penanaman pohon di Blora tersebut, disambut baik dan diapresiasi oleh Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si.  Pihaknya bersama Forkopimda Blora  bahkan turut serta melakukan penanaman pohon di area tepian waduk Tempuran di Desa Tempuran, Kecamatan Blora.

“Kita apresiasi, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Diharapkan dengan kegiatan penanaman pohon ini jadi momentum bagi desa untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya, selain  menjaga keasrian serta menjadi langkah kongkrit desa untuk mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan,” jelas  Bupati Blora.