blank
Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro secara simbolis menyerahkan bantuan kepada seorang difabel dalam program Booking Ramadan. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah melakukan Kick Off Program Ramadan tahun 2023.

Dalam kegiatan ini secara simbolis diserahkan paket Ramadan kepada sejumlah perwakilan dari guru TPQ, tunanetra, difabel, lansia dan juga anak yatim di wilayah Kota Semarang.

Kepala Perwakilan IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro menyampaikan, program IZI di bulan Ramadan kali ini adalah “Booking Berkah Ramadan”.

Dalam booking berkah Ramadan pihaknya menargetkan kepada 10.000 penerima manfaat di wilayah Jawa Tengah.

“Kami akan menyalurkan diantaranya kepada para santri tahfidz Quran, para penunggu pasien kelas 3 di beberapa rumah sakit di wilayah Jawa Tengah,” kata Djoko di Pesantren Lansia IZI Roodhiyatam Mardhiyyah Kota Semarang, Senin (20/3/2023).

Selain itu ada juga paket Ramadan untuk kaum dhuafa, untuk memenuhi kebutuhan berbuka dan sahur para dhuafa selama Ramadan.

“Kemudian sebar Alquran untuk pesantren Tahfidz di seluruh Jawa Tengah, ada paket anak yatim agar mereka merasa berbahagia saat bulan Ramadan,” kata Djoko.

Djoko menambahkan, ada juga wilayah 3T, yakni Tertinggal, Terluar dan Terpencil yang ada di Jawa Tengah.

Djoko menyebut Booking Berkah Ramadan ini dilakukan serentak di seluruh kantor perwakilan di Indonesia, yakni ada 16 kantor perwakilan dan penyaluran.

Sementara itu dalam penyaluran program ini IZI menargetkan Rp 4,5 M untuk 10.000 penerima manfaat selama bulan Ramadan.

“Untuk tahun ini target Rp 4,5 M akan menyasar 10.000 penerima manfaat. Sementara pada tahun 2022 Rp 3,6 M dengan target 7000 penerima manfaat,” tandasnya.

Ning Suparningsih