Ribuan emak-emak antusias mengikuti senam Sicita di halaman pendapa Kabupaten Kudus. foto: Ali Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ribuan emak-emak kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kabuaten Kudus bersuka cita dalam senam massa Sicita yang digelar di halaman pendapa Kabupaten Kudus, Minggu (19/3). Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Kudus HM Hartopo, Ketua DPRD sekaligus Ketua DPC PDIP Kudus Masan, Wakil Ketua Fraksi PDIP DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti dan anggota DPR RI yang juga mantan Bupati Kudus Musthofa.

Hadir sejak pagi hari, para emak-emak ini langsung antusias melakukan senam dengan mengikuti irama musik yang ada. Dengan berpakaian merah dan bercelana putih, mereka berlomba menampilkan gerakan senam terbaik.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus Masan mengatakan, senam massal ini merupakan puncak dari acara lomba senam Sicita yang digelar di setiap desa. Sebanyak 5.100 peserta dari 101 desa, tercatat ikut dalam senam massal ini.

Selain mendapatkan undian doorprize, semua peserta juga berlomba untuk menjadi yang terbaik guna menampilkan keserasian gerak dengan lagu. Dan hasilnya, tim senam dari Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus keluar sebagai juara lomba senam Sicita ini.

“Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) ini merupakan upaya untuk menjalankan instruksi Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri untuk mengajak kembali kaum perempuan gemar berolahraga,”tandasnya.

Menurut Masan, senam Sicita ini meningkatkan kesadaran untuk terus menjaga kesehatan. Olaharaga agar menjadi sehat harus menjadi kebutuhan. Jika warganya sehat, maka ekonominya juga akan kuat,” katanya.

Hal senada diungkapkan Wakil Ketua Fraksi PDIP DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti. Senam sejatinya bukan barang bagi bagi masyarakat. Melalui senam Sicita ini, gerakan-gerakan senam berdurasi sembilan menit ini dikemas dengan lagu-lagu kekinian.

“Selain sehat, melalui senam Sicita ini kami juga mengajak warga untuk semakin cinta degan tanah air,” katanya.

Bupati Kudus Hartopo mengapresiasi gerakan senam Sicita yang masif digelar hingga tingkat desa. Upaya ini mampu mengajak warga untuk terus menjaga hidup sehat melalui olahraga.

Anggota DPR RI yang juga mantan Bupati Kudus Musthofa menambahkan, senam Sicita perlu terus dirutinkan agar tujuan untuk mengajak masyarakat sehat tercapai. “Semoga warga Kudus selalu sehat, jangan lupa untuk olahraga,” katanya.

Siti Mufarikhah (45), warga Desa Peganjaran, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus mengaku antusias mengikuti senam massal Sicita ini. Selain menjadi sehat, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat.

“Selain itu juga banyak hadiah yang diberikan. Semoga kegiatan ini bisa sering digelar agar warga sehat dan senang,” ujarnya.

Ali Bustomi