MAGELANG(SUARABARU.ID)-Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta menegaskan pentingnya jajaran aparatur sipil negara (ASN) berpikir jauh ke depan. Mereka tak boleh gagap terhadap perkembangan teknologi.
Hal itu dikatakan Penjabat (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta pada kegiatan peningkatan soft skill bagi aparatur sipil negara (ASN) Setda Kabuoaten Jepara yang dia buka pada Jumat malam (17/3/2023), di Magelang. Kegiatan itu menghadirkan narasumber DR. Dra. Martuti, M.M., Widyaiswara Ahli Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jawa Tengah dan Edy Sujatmiko, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara.

“Tingkatkan terus kompetensi. Siapkan, rencanakan, mau seperti apa 20 tahun ke depan. Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan ASN sangat besar. Saat ini, hard skill saja banyak teman kita yang masih perlu didorong,” kata Edy Supriyanta.
Dia mencontohkan adanya ASN yang belum cakap menggunakan perangkat teknologi untuk untuk menunjang kinerja pelayanan kepada masyarakat. Jepara yang menjadi kota internasional pun, belum diimbangi dengan banyaknya SDM yang bisa berkomunikasi dengan bahasa asing.
Dia mengarahkan, segala kelemahan yang masih ada diminimalkan, disertai dengan peningkatan soft skill. “Yaitu kepribadian. Seperti etika, cara berkomunikasi, integritas, dan komitmen kerja profesional,’ katanya.

Sementara Sekda Edy Sujatmiko menekankan pentingnya keikhlasan dalam mengimplementasikan nilai-nilai dasar ASN Ber-AKHLAK, akronim dari akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.
Sedangkan Kepala Bagian Umum Setda Jepara Anjar Jambore Widodo mengatakan pelatihan ini diikuti 180 ASN Setda Kabupaten Jepara.

Hadepe-Bakopi/Sulismanto