blank
PT. Kereta Api Pariwisata (KAWisata) menambah relasi perjalanan. Foto: Dok/KAWisata

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penumpang Kereta Panoramic meningkat, PT. Kereta Api Pariwisata (KAWisata) menambah relasi perjalanan.

Menurut Humas PT Kereta Api Pariwisata, M. Ilud Siregar, Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia.

“Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan, kata Ilud, Jumat (17/3/2023).

Ilud menyampaikan, okupansi penumpang kereta panoramic terus meningkat dimana dari data perjalanan penumpang selama bulan Februari 2023 sudah mencapai kurang lebih 117% dengan jumlah penumpang mencapai 711 penumpang, terdiri dari 405 penumpang KA Argo Wilis Panoramic relasi Bandung-Surabaya Gubeng PP, dan 306 penumpang KA Argo Parahyangan Panoramic relasi Gambir-Bandung PP.

Ilud menambahkan, dalam pengoperasian kereta Panoramic berjalan dengan pola perjalanan yang sama dengan kereta wisata. Dimana perjalanan Kereta Panoramic ada dua pola yaitu Pola FIT (perorangan) dan Pola Charter atau sewa.

“Untuk rangkaian saat ini, Kereta Panoramic ada 2 seat rangkaian dengan jumlah seat tempat duduk yang disediakan sebanyak kurang lebih 38 seat dari sebelumnya 46 seat.

Menurutnya, perubahan atau pengurangan seat tersebut adalah upaya meningkatkan pelayanan dan memberikan kenyamanan sehingga para penumpang akan menikmati perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam pegunungan yang indah, jembatan yang tinggi serta terowongan yang panjang melalui jendela kereta panoramic yang besar.

Ilud Siregar menambahkan, kereta panoramic ada tambahan mini pantry sebagai tempat sajian snack, makanan dan minuman yang akan diberikan oleh petugas Train Attendent Pramugari (TAP) ke para penumpang Kereta Panoramic.

Untuk keamanan begasi setiap penumpang nantinya akan diberikan luggage tag atau tag bagasi sebagai tanda pengenal yang disematkan pada barang bawaan penumpang seperti koper atau tas.

Dengan semakin meningkatnya volume penumpang menggunakan Kereta Api Panoramic, KAIWisata menambah relasi perjalanan Kereta Panoramic di bulan Maret 2023, selain berjalan di hari-hari weekend.

Sementara tambahan relasi perjalanan kereta api panoramic meliputi: KA Argo Muria Panoramic relasi Gambir-Semarang Tawang PP dan KA Sancaka Panoramic relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta PP.

Adapun jadwal keberangkatan Kereta Panoramic sebagai berikut:
1. KA Argo Parahyangan Panoramic (44Pc) keberangkatan Gambir jam 04.55 WIB dan tiba di Bandung jam 07.52 WIB (hari Jumat).

2. KA Argo Wilis Panoramic (6Pc) keberangkatan Bandung jam 08.15 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng jam 18.10 WIB (hari Jumat).

3. KA Argo Wilis Panoramic (5Pc) keberangkatan Surabaya Gubeng jam 07.30 WIB dan tiba di Bandung jam 17.25 WIB (Minggu).

4. KA Argo Parahyangan Panoramic (51Pc) keberangkatan Bandung jam 18.15 WIB dan tiba di Gambir jam 21.19 WIB (Minggu).

5. KA Argo Muria Panoramic (14Pc) keberangkatan Gambir jam 07.05 WIB dan tiba di Semarang Tawang jam 12.26 WIB (Senin, Selasa, Rabu dan Kamis).

6. KA Argo Muria Panoramic (13Pc) keberangkatan Semarang Tawang jam 16.15 WIB dan tiba di Gambir jam 21.39 WIB (Senin, Selasa, Rabu dan Kamis).

7. KA Sancaka Panoramic (175Pc) keberangkatan Surabaya-Gubeng jam 09.00 WIB dan tiba di Yogyakarta jam13.04 WIB (Sabtu).

8. KA Sancaka Panoramic (176 Pc) keberangkatan Yogyakarta jam 17.10 WIB dan tiba di Surabaya Gubeng jam 21.15 WIB (Sabtu).

Bagi Masyarakat dan para penumpang yang akan bepergian menggunakan Kereta Panoramic dapat melakukan pemesanan tiket KA Panoramic Argo Parahyangan dan Kereta Api Panoramic Argo Wilis, Kereta Api Panoramic Argo Muria serta Kereta Api Panoramic Sancaka dapat dilakukan di aplikasi KAI Access, website KAI dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Sedangkan untuk pemesanan atau pola Charter atau sewa dapat menghubungi Miss.Veronika di Nomor +62811 1220 7206,Miss Annisa +62 811 1220 7207 dan Mr Tiko +62811 1220 7209.

Ilud menerangkan, dalam setiap perjalanan para pelanggan Kereta Panoramic akan mendapatkan layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma serta free wifi, dan bisa menikmati fasilitas Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, rak bagasi khusus di ujung kereta serta Panorama pemandangan yang indah dan menyenangkan.

Karena Kereta Panoramic memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis, sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang menarik dan berkesan,” pungkasnya.

Ning Suparningsih