blank
KRI Dewaruci yang akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang tanggal 21- 23 Maret 2023. Foto : Dok Danlanal Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) Menyambut kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Dewaruci di Semarang, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang akan menggelar Festival Dermaga, mulai tanggal 21 hingga 23 Maret 2023, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Festival Dermaga ini akan digelar banyak kegiatan, termasuk bazar UMKM dan juga bhakti sosial. Sehingga masyarakat Kota Semarang dapat memanfaatkan moment ini, selain masuknya gratis, para pengunjung juga bisa berkeliling di atas KRI Dewaruci.

KRI Dewaruci merupakan Kapal yang dibuat di Jerman pada tahun 1953, dijuluki sebagai Legenda Indonesia, karena merupakan satu-satunya kapal tipe Barquentine di dunia. KRI Dewaruci merupakan kapal layar tiang tinggi, untuk melatih calon perwira atau Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) serta sebagai duta bangsa dalam melaksanakan muhibah ke luar negeri dengan membawa misi-misi kebudayaan, perdamaian di beberapa negara seperti Eropa, Amerika dan Asia.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M Tr.Hanla, MM mengajak segenap warga masyarakat Provinsi Jawa Tengah, khususnya warga Masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya, untuk datang langsung ke Pelabuhan Tanjung Emas pada tanggal 21-23 Maret 2023, agar dapat menyaksikan langsung Legenda Indonesia, yaitu KRI Dewaruci.

Menurutnya, KRI Dewaruci pada kegiatan tersebut, akan melakukan open ship untuk pelajar dan masyarakat umum. Pada festival itu juga akan digelar senam masal, pertunjukkan seni tari dan sejumlah perlombaan.

“Lomba Jurnalistik (untuk Umum), lomba mewarnai, Formasi Variasi, ada juga Display drum band dari politeknik ilmu pelayaran (PIP), dan live music, Bazar UMKM, Bhakti sosial, donor darah, pemberian santunan,” jelasnya.

Absa