Beberapa pengurus KONI Jateng dan staf Pemprov Jateng, melakukan gladi bersih untuk acara peluncuran logo dan maskot Porprov Jateng 2023. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Jumat (17/3/2023) ini, melakukan tiga aktivitas sekaligus, di Gedung Grhadika Bakti Praja, Jalan Pahlawan, Semarang.

Acara pertama yakni, pelepasan 450 atlet dan 113 pelatih Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda), untuk mengikuti pembinaan mental (character building), di Resimen Induk Kodam IV/Diponegoro (Rindam IV), Jalan Pahlawan 133, Kota Magelang.

Acara berikutnya, menyaksikan penayangan aplikasi Sisakti dari KONI Jateng. Sisakti akan memuat dan mempublikasikan data atlet dan prestasi mereka, dalam kancah olahraga Nasional.

BACA JUGA: PSSI Pastikan Timnas Uji Coba FIFA Matchday pada 14 Juni Melawan Palestina

”Sisakti ini akan berisi data atlet dari berbagai kelompok usia. Jadi merupakan bank data bagi pembinaan atlet di Jateng,” kata Wakil Ketua Umum II KONI Jateng, Soedjatmiko kepada wartawan, di sela-sela acara.

Disamping itu, Gubernur juga akan menyaksikan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU), antara Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana, dengan tujuh rektor perguruan tinggi (PT) yang ada di Jateng.

Tujuh PT itu yakni, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Semarang (USM), Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus), Uversitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang, dan Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang.

BACA JUGA: Mendayagunakan UKM untuk Pengolahan Limbah B3

Kerja sama dengan PTN/PTS ini dilakukan, dalam rangka menyalurkan pendidikan para atlet dan mantan atlet Jateng, sehingga masa depannya lebih terjamin.

”Sebelumnya, kami sudah melakukan roadshow ke perguruan-perguruan tinggi itu, untuk maksud ini. Syukur Alhamdulillah, sambutan para rektor sangat positif,” ungkap Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura.

Puncak dari acara adalah peluncuran maskot dan logo Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023. Logo yang akan diluncurkan merupakan karya dari Hendrik Ferdiansyah (Kabupaten Brebes), dan maskot dengan sebutan Mas Jaga (Maskot Jawa Tengah Berolahraga) karya Ihsan Dwiono (Kota Semarang).

Sigit PR