blank
Sejumlah Petugas melakukan evakuasi korban kecelakaan karambol di ruas tol Jatingaleh-Krapyak Km 424 Semarang, yang mengakibatkan 2 orang meninggal dunia, Kamis (16/3/2023). Foto : Tangkapan Layar Video Warga

SEMARANG (SUARABARU.ID) Kecelakaan karambol yang melibatkan 8 mobil di ruas jalan Tol Jatingaleh-Krapyak Semarang km 424, mengakibatkan korban dua orang meninggal dunia, Kamis (16/3/2023).

Peristiwa kecelakaan tersebut, sempat viral di beberapa media sosial warga masyarakat, yang diambil oleh masyarakat yang melintas di ruas jalan tol tersebut dan di perkuat dari informasi senkom (Traffic Information Center) Tol Trans Jawa Tengah, Solo Semarang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB.

“Korban fatal 2 orang meninggal dunia, 3 orang mengalami luka. Satu tidak sadarkan diri dan satu penumpang khususnya dari Grand Max yang membawa motor itu patah kaki,“ ujar AKP Adji Setyawan, Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Semarang, di Kantor Sat PJR Tol Semarang.

Untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan, lanjutnya, terdiri dari truk besar, dua mobil pick up muat sepeda motor roda dua dan 4 mobil keluarga. Truk bernopol N 8608 Y itu, menabrak mobil kijang berwarna merah hingga terdorong dan tergencet di belakang truk berwarna hijau.

Menurut AKP Adji Setyawan, berdasar penyelidikan awal, kecelakaan itu diduga ada kaitannya dengan pihak pengemudi truk yang kehilangan kendali, sehingga tidak bisa menguasai kecepatan dan menabrak beberapa mobil di depannya yang mengikuti antrian lajurnya.

“Saat kejadian, kondisi lalu lintas tidak dalam kondisi macet. Posisinya tidak macet masih berjalan, kebetulan truk itu berdasar informasi awal, memang tidak memperhatikan situasi depan dan kehilangan kendali, pengemudi tidak bisa menguasai kecepatan,” tandasnya.

Dilihat lokasi kejadian kecelakaan beruntun itu, yang berada di Tol Jatingaleh-Krapyak Semarang KM 424 itu, memang merupakan jalur jalan menurun.

“Kondisi jalan memang posisi menurun jadi setelah posisi rest area ya memang sedikit menurun. Satu tidak sadarkan diri dan satu penumpang khususnya dari Grand Max yang membawa motor itu patah kaki,” tuturnya.

Untuk korban meninggal dunia saat ini sudah berada di Kamar Mayat RS Kariyadi, sementara untuk 3 korban luka di larikan ke rumah sakit Tugu untuk mendapatkan perawatan.

Petugas Kepolisian bersama pihak Tol Trans Jawa Tengah Solo-Semarang sudah mengevakuasi 8 kendaraan yang terlibat kecelakaan. Untuk sementara delapan kendaraan diamankan di Kantor Tol Trans Jawa Tengah Solo-Semarang di Manyaran, Kota Semarang.

Absa