blank
Ganjar bersama Ketua Umum KONI Jateng, Bona Ventura Sulistiana (tengah), meluncurkan aplikasi Si Sakti, yang aka mendata semua atlet Jateng. Foto: spr

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, kepedulian dan perhatiannya terhadap atlet di provinsi ini, diwujudkan dengan meluncurkan Sistem Informasi Olahraga Prestasi (Si Sakti). Aplikasi ini menampung seluruh informasi dan data keolahragaan dari para atlet di Jateng.

Si Sakti diluncurkan bersamaan dengan logo dan maskot Porprov Jawa Tengah XVI/2023, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (17/3/2023). Event tahunan itu akan berlangsung pada Agustus mendatang, di Pati Raya.

”Kalau logo sama maskot memang ini tinggal kita jalankan saja, nanti Porprov di Pati. Tapi kalau Si Sakti ini memang saya minta dari dulu, agar ada sistem informasi tentang atlet,” kata Ganjar usai acara.

BACA JUGA: Pentingnya Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Politik

blank
Logo Porprov Jateng 2023. Foto: spr

Si Sakti adalah aplikasi yang dibuat KONI Jateng, merespon keinginan Ganjar untuk lebih memperhatikan para atlet. Mulai dari pembinaan, pengembangan, hingga masa depannya.

Dalam aplikasi Si Sakti, memuat dan mempublikasikan data atlet dan prestasi mereka dalam kancah olahraga Nasional. Ganjar mendorong, agar log pertandingan yang dilakoni para atlet, dicatatkan dengan lengkap.

”Sehingga kami mau seluruh atlet kami didata, talent scouting-nya dilakukan yang dia pelajar, dia dari kampus, dari masyarakat, bisa didata sehingga kami log atau catatan pertandingan semuanya,” ujarnya.

BACA JUGA: Dandim 0728 Wonogiri Pimpin Upacara, Ini yang Diamanatkan Pangdam

Ganjar yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Special Olympics Indonesia (SOIna) itu berharap, dengan database yang tercatat dalam Si Sakti, akan memudahkan Jateng memantau kondisi para atletnya.

”Kalau nanti akan ada pertandingan, kami harapkan mereka itu sudah fit dan bisa dipilih dengan sistem itu. Dan siapa yang punya kemampuan atau potensi untuk bisa kami kembangkan, akan kami kembangkan,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Ganjar juga mengajak serta perguruan tinggi untuk turut terlibat. Tak hanya pengembangan dan pembinaan atlet, tetapi juga pendampingan terhadap aplikasi Si Sakti ini.

blank
Maskot Porprov Jateng 2023. Foto: spr

BACA JUGA: Hasil Impresif, SMK Boarding Besutan Ganjar Jadi Role Model

”Mudah-mudahan sistem ini nanti bisa berjalan dengan baik. Kampus juga kami minta untuk mendampingi, atau yang kelompok peduli kita bisa untuk mendampingi para atlet,” tegasnya.

Melalui bank data atlet itu, Ganjar berharap, ke depan tidak ada lagi cerita atlet Jateng yang nasibnya terkatung-katung.

”Sampai kalau mereka sudah selesai, mereka mau purna, kemana mereka. Jangan sampai lagi kemudian kita mendengar medalinya digadaikan, kemudian hidupnya sulit, padahal dia meraih medali emas yang pernah mengharumkan nama daerah atau bangsa. Saya kira sistem ini bisa memantau,” tutur Ganjar.

Disinggung banyak atlet Jateng yang berpindah atau memilih transfer ke provinsi lain, Ganjar berharap, melalui sistem yang ada ini, mereka bisa terdata dan dapat diketahui penyebabnya, sehingga menjadi bahan untuk koreksi.

Sigit PR