blank
Ilustrasi tomat merah. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tomat yang memiliki tekstur juicy dan menyegarkan merupakan salah satu bahan makanan wajib di dapur karena kerap dimasak dalam berbagai olahan. Lalu, kenapa tomat tidak boleh disimpan di kulkas?

Dalam website-nya, Martha Stewart menulis tomat mengandung enzim yang bereaksi terhadap suhu dingin dan bisa menyebabkan membran sel rusak. Jika ini terjadi, tomat akan lembek.

“Anda pada dasarnya menghilangkan rasa dan tekstur dari tomat saat Anda mendinginkannya,” kata Gregory Lofts, wakil editor makanan di Martha Stewart Living.

Dilansir dari Suara.com selain itu, Lofts mencatat tomat cepat menyerap bau makanan lain di lemari es sehingga bisa menurunkan kualitas dan rasanya.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Kurma Bagi Kesehatan Kulit

“Aturan umum saya adalah jangan pernah mendinginkan tomat segar,” ungkapnya.

Lalu, berapa lama tomat bertahan pada suhu ruang? Jawabannya tergantung pada tingkat kematangan tomat. Jika sudah mencapai puncak kematangan, tomat harus segera diolah atau dimakan.

Maddy Rotman dari Imperfect Foods memberi tips menyimpan tomat mentah agar bisa matang sempurna di suhu ruang. Ia menyarankan untuk menyimpantomat dengan batang menghadap ke bawah sampai siap dikonsumsi.

Baca Juga: Selain Mengatasi Anemia, Ini 4 Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

Lantas, bagaimana dengan tomat-tomat yang sudah terlalu matang? Rotman mengatakan dia suka memasukkan tomat keriput ke dalam saus merah dan menambahkannya ke pizza sebelum dipanggang.

“Memasak tomat lunak adalah cara yang bagus untuk menjaga agar tomat beraroma tidak terbuang sia-sia,” kata dia kemudian.

Selain tomat, ini deretan buah yang juga tidak boleh disimpan di kulkas dan alasannya.

1. Pisang

Pisang yang disimpan di dalam kulkas akan cepat bonyok dan menyebabkan perubahan warna kulit. Jika sudah begini, pisang jadi cepat busuk dan tak baik dikonsumsi.

Baca Juga: Jadi Kombinasi Yang Pas! Yuk Simak 5 Manfaat Madu dan Kurma yang Baik bagi Tubuh

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang belum matang sempurna ketika dipetik sehingga tak bagus jika dimasukkan ke dalam kulkas. Meski begitu, menyimpan alpukat di suhu ruang bersamaan dengan alpukat lainnya sangat bagus karena bisa saling mempengaruhi satu sama lain.

3. Apel

Buah apel memiliki kada etilen yang tinggi sehingga tidak cocok disimpan dengan buah dan sayuran lainnya di kulkas. Jika ingin apel awet, boleh disimpan di suhu dingin kulkas, tapi tanpa dicampur dengan buah lainnya.

4. Jeruk

Beberapa jenis jeruk yang tak bagus disimpan di dalam kulkas, seperti lemon, jeruk nipis dan jeruk limau karena kandungan airnya akan berkurang. Jeruk-jeruk ini jadi cepat mengering jika disimpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama.

Demikian penjelasan kenapa tomat tidak boleh disimpan di kulkas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Claudia