blank
Anggota TNI-Polri membantu mencari pakan ternak warga lereng Merapi, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Pasca erupsi Gunung Merapi mengakibatkan warga kesulitan mencari pakan ternak sejak Sabtu (11/3/2023). Khususnya di Desa Krinjing, Dukun, Kabupaten Magelang.

Saat ini warga berkeluh kesah kesulitan mencari pakan ternak. Hal itu lantaran sebagian besar rumput diselimuti abu vulkanik akibat erupsi, Sabtu (11/3/2023).

TNI-Polri hadir guna membantu keluhan warga masyarakat, dengan mengerahkan kendaraan dinas untuk mengangkut bantuan pakan ternak. Yakni berupa damen atau rumput padi sawah yang diambil dari wilayah Banggalan, Talun, Dukun. Tentu guna meringankan beban warga, khususnya para peternak.

Bantuan itu distribusikan ke Dusun Ngaglik dan Semen, Desa Krinjing, pada Selasa (14/3/2023).

“Pasca erupsi hingga hari ini di wilayah Dukun belum turun hujan. Jadi tanaman dan sayuran masih tertutup debu. Kami mendengar warga berkeluh kesah tidak bisa memberi pakan ternaknya. Semoga dengan bantuan pakan berupa rumput atau damen padi sawah ini bisa meringankan beban warga masyarakat khususnya para peternak di Desa Krinjing,” jelas Kapolresta Kombes Ruruh Wicaksono.

Bantuan pakan berupa rumput atau damen padi sawah itu saat ini dibutuhkan warga yang terdampak erupsi. Wajar kalau warga banyak berharap datangnya hujan. Apabila situasi masih seperti ini, maka bantuan yang di berikan oleh jajaran TNI-Polri adalah hal yang sangat diperlukan. “Semoga bisa menginspirasi pihak-pihak lain,” imbuh Kapolresta.

Suparti, salah satu peternak setempat berterima kasih kepada TNI-Polri atas bantuan itu. Pernyataan itu mewakili keluhan warga setempat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI-Polri yang telah membantu memberikan bantuan berupa pakan ternak. Karena sangat dibutuhkan saat ini mengingat di kawasan ini rumput tertutup abu. Semoga tindakan ini bisa menginspirasi pihak lain,” harap Suyitno Kadus Ngaglik.

Eko Priyono