Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Smart Preneur Community (SPC) Universitas Semarang (USM) menggelar Pelatihan Pembuatan Serbuk Minuman Herbal di depan ruang kemahasiswaan USM, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Smart Preneur Community (SPC) Universitas Semarang (USM) menggelar Pelatihan Pembuatan Serbuk Minuman Herbal di depan ruang kemahasiswaan USM, baru-baru ini.

Kegiatan yang diikuti 40 peserta itu menghadirkan narasumber Guru Kimia SMA Kesatrian 1 Semarang, Edy Sulistiyono SPd MSi.
Pada kegiatan tersebut, Edy mengajarkan cara membuat serbuk herbal yang dinamakan JaTeMon, yang terbuat dari jahe, temulawak, dan lemon. Ia memberitahukan dengan detail cara mengolah tanaman herbal tersebut hingga menjadi serbuk minuman herbal.

Para peserta Pelatihan foto bersama seusai mengikuti kegiatan. (Foto:News Pool USM)

”Temulawak dan jahe di parut, ambil sari temulawak dan jahe lalu masukkan gula dan sereh, masak di kompor lalu di aduk hingga berwarna kecoklatan, setelah berwarna coklat masukkan perasan jeruk lemon. Aduk hingga menjadi serbuk jika sudah menjadi serbuk di saring ke tempat yang berbeda. Jika masih ada gumpalan, bisa diblender dan di saring kembali hingga halus,” tutur Edy.

Menurutnya, kegiatan seperti ini akan melatih kreativitas kewirausahaan, memberikan inspirasi mengenai produk herbal serta memberikan jiwa entrepreneur kepada para peserta.

”Semakin maju dengan kegiatan-kegiatan inovatif dan inspiratif untuk masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Muhammad Rifki Maulana mengatakan, minuman herbal memiliki banyak manfaat, antara lain dapat menambah daya tahan tubuh manusia agar tidak mudah lelah ataupun sakit.

Dia menuturkan, pihaknya memilih tanaman herbal tersebut karena merupakan bahan-bahan alami yang sangat mudah didapatkan.

”Kami berharap, peserta dapat memiliki skill dalam membuat minuman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh serta dapat memasarkannya ke masyarakat luas,” tandas Rifki.

Muhaimin