blank
Ilustrasi ziarah kubur jelang Ramadhan. Foto: Dok/Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pada umumnya, orang Islam melakukan ziarah kubur menjelang bulan Ramadhan dan saat lebaran Idul Fitri. Ada doa ziarah kubur yang perlu dibaca umat muslim saat ke pemakaman.

Ziarah kubur merupakan salah satu bagian dari ajaran Nabi, di mana kita harus menghormati orang-orang yang sudah meninggal dengan mengirimkan doa kepadanya. Seperti apa doa ziarah kubur lengkap?

Dilansir dari Suara.com, saat datang ke pemakaman, kita harus mengucapkan salam kepada jenazah yang bersemayam di tanah makam. Diperbolehkan membawa bunga untuk ditaburkan di makam, tetapi yang lebih penting adalah doa yang kita kirimkan saat melaksanakan ziarah.

Selain itu kita membersihkan area sekitar pemakaman yang mungkin ditumbuhi banyak rumput. Sementara itu doa yang dapat kita panjatkan untuk mendoakan orang yang sudah meninggal saat berkunjung ke pemakaman adalah,

Doa ziarah 1

Doa ziarah kubur pertama yang dapat kita baca ialah doa ziarah kubur lengkap yang diajarkan Nabi Muhammad kepada Aisyah. Berikut bunyi doa ziarah kubur lengkap riwayat Aisyah, dikutip dari bersama dakwah.

“Assalaamu ‘ala ahlid diyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa yarhamulloohul muqtaqdimiina minnaa wal musta’khiriina wa innaa insyaa-alloohu bikum lalaahiquun”.

Artinya:
Salam keselamatan atas penghuni rumah-rumah (kuburan) dari kaum mukminin dan muslimin, mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang terdahulu dari kita dan orang-orang yang belakangan, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.

Doa ziarah kubur 2

Selain doa ziarah kubur di atas, kita pun bisa membaca doa ziarah kubur yang diriwayatkan dalam hadist shahih Imam Muslim dari Buraidah. Imam An Nawawi mencatata doa ajaran Rasulullah berikut ini dalam Al Adzkar. Berikut bunyi doa ziarah kubur tersebut, dikutip dari bersama dakwah.

“Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa innaa insyaa-alloohu lalaahiquun, as’alullooha lanaa walakumul ‘aafiyah”.

Artinya:
Salam keselamatan atas kalian para penghuni rumah-rumah (kuburan) dari kaum mukminin dan muslimin,
dan kami insya Allah akan menyusul kalian. Aku memohon kepada Allah keselamatan bagi kami dan kalian.

Doa ziarah kubur 3

Dikutip dari nu.or.id, berikut ini bunyi bacaan doa ziarah kubur selain dua doa di atas.

“Assalaamu‘alaikum daara qaumin mu’minîn wa ataakum maa tû‘adûn ghadan mu’ajjalûn, wa innaa insyaa-Allaahu bikum laahiqûn”.

Artinya: “Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.

Itu tadi rekomendasi doa ziarah kubur lengkap dari berbagai sumber dan artinya. Semoga bermanfaat.

Ning Suparningsih