blank

KUDUS (SUARABARU.ID); Menyambut bulan Ramadhan, Generasi Baru Indonesia (GenBI) IAIN Kudus mengajak masyarakat untuk bersih Punden Ponco Waliko, Karangpanas, Margorejo, Dawe. Mengangkat tema “Alamku, Alam Kita, Rawat Bersama untuk Generasi Berikutnya”, kegiatan tersebut berlangsung pada, Sabtu (11/03/2023).

Aksi bersih punden ini didasari oleh budaya masyarakat Jawa, dalam menyambut bulan Ramadhan melakukan ziarah dan bersih makam tokoh sesepuh desa. Maka GenBI IAIN Kudus juga turut mengajak segenap lapisan masyarakat untuk terjun membersihkan punden. Tidak hanya itu, GenBI IAIN Kudus juga melakukan tanam pohon disekitar punden agar tetap terlihat asri.

Ketua GenBI IAIN Kudus, Muhammad Rafi Roykhan menjelaskan bahwa output yang ingin dicapai adalah menjalin silaturahmi antar warga Margorejo sebagai bentuk solidaritas. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga linkungan agar bersih.

“Mengingat memang area punden itu tidak terawat karena minim masyarakat yang membersihkannya,” ujarnya.

Senada dengan Rafi, Ketua Divisi Sosial dan Lingkungan, Mardliyyatul Chusniyyah mengatakan kegiatan menanam bibit pohon bertujuan untuk mencegah resiko bencana alam disekitar Punden. Ia juga berharap masyarakat semakin sadar dengan kebersihan tempat-tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat, dan melestarikan peninggalan budaya masyarakat Margorejo.

Lebih lanjutnya lagi, Mardliyyatul merasa senang dengan antusias masyarakat yang ikut membantu bersih punden, sehingga kegiatan bersih punden dapat berjalan dengan lancar.

“Kalau tanggapan masyarakat sangat positif, apalagi pemerintah Desa Margorejo juga menyambut dengan senang hati,” ucapnya.

Dwi Qotrun (GenBi IAIN Kudus)