blank
PKY Jateng bersama mahasiswa magang gelar sosialisasi di SMK Negeri 8 Semarang. Foto: Dok/PKY

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Penghubung Komisi Yudisial (PKY) Jawa Tengah mengembangkan jejaring di dunia pendidikan dengan melakukan sosialisasi kelembagaan di SMK Negeri 8 Semarang.

Dalam kegiatan, PKY Jateng melibatkan kalangan civitas akademika dari Universitas Semarang (USM).

Terselenggaranya sosialisasi tersebut merupakan wujud komitmen PKY Jateng melakukan pemeliharaan jejaring sekaligus pelaksanaan edukasi publik sebagai sarana pengenalan lembaga kepada masyarakat luas.

Wakil Kesiswaan SMK Negeri 8 Semarang, Munif berharap anak didiknya bisa memperoleh wawasan baru, ilmu dan pengalaman baru dari acara ini.

Ia juga berharap wawasan/pengetahuan yang diperoleh pada acara sosialisasi bisa dibagikan kepada siswa-siswi yang tidak mengikuti kegiatan tersebut.

“Harapannya siswa-siswi yang hadir disini bisa getok tular pada teman-teman lain yang kebetulan tidak ada di ruangan ini, supaya ilmu itu semakin menyebar dan semakin banyak yang mengetahuinya,” kata Munif, baru-baru ini.

Perwakilan PKY Jateng, Dewi Ratna Siti Mukaromah (Asisten PKY Jateng PIC Sosialisasi dan Administrasi) mengatakan, sosialisasi kelembagaan merupakan nafas PKY Jateng untuk terus hidup ditengah masyarakat.

“Salah satu tugas kami adalah memberikan sosialisasi kelembagaan kepada masyarakat luas, karena itu merupakan hak masyarakat dan nafas PKY Jateng untuk tetap hidup bersama masyarakat,” terangnya.

Dewi menambahkan, kegiatan ini diharapkan menjadi bagian kecil dari perubahan peradilan di Indonesia ke arah yang lebih baik.‚ÄúSosialisasi kelembagaan ini merupakan bagian kecil dari upaya yang bisa kami lakukan dalam mewujudkan peradilan bersih di kemudian hari,” ujarnya.

“Untuk 15 atau 20 tahun kedepan, teman-teman yang sedang belajar di bangku SMK saat inilah yang akan memimpin negeri ini. Kami berharap langkah kecil ini bisa memiliki dampak yang besar di hari esok, dengan membawa perubahan kemajuan peradilan bersih di Indonesia,” jelasnya.

Panitia kegiatan magang USM, M. Nashilul Hilmi menyatakan, kegiatan ini merupakan puncak program kerja kegiatan magang di Kantor PKY Jateng yang dilakukan atas arahan dari tim PKY Jateng saat itu.

“Kami berharap sinergitas antara USM dengan PKY Jateng terus terjalin baik dan saling memperkuat jejaring di masa yang akan datang,” kata Nashilul.

Mahasiswa magang USM sendiri mengaku bangga bisa turun langsung ke sekolah untuk membagikan ilmunya yang diperoleh selama magang di Kantor PKY Jateng.

Dalam sosialisasi tersebut juga dihadiri perwakilan dari anggota Osis, Pramuka, anggota PMK, dan sebagian guru SMK Negeri 8 Semarang.

Ning Suparningsih