blank
Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman bersama anak penderita stunting dalam kegiatan serbuan stunting di Kabupaten Batang. Foto: Dok/Pendim

BATANG (SUARABARU.ID) – Ratusan anggota Babinsa dari Kodim 0736/Batang dengan mengendarai motor dinas baru, dukungan operasional dari kemenhan RI terjun ke lapangan membagikan makanan tambahan untuk anak penderita stunting.

Mereka membagikan makanan tambahan ke pelosok-pelosok desa, sebagai langkah untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Batang. Sebanyak 300 personel diterjunkan di masing-masing desa binaannya dalam program serbuan stunting.

Dandim 0736/Batang, Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, program tersebut menyasar anak-anak dengan kondisi tubuh yang mengalami perlambatan tumbuh kembang. Makanan tambahan yang dibagikan berupa susu, biskuit, kacang hijau dan lainnya.

“300 personel ini tersebar di 15 kecamatan, dimana tiap kecamatan ada 20 anak yang terindikasi stunting. Memang kelihatannya sedikit, tapi agenda ini akan rutin dilakukan dalam beberapa gelombang, agar ada penurunan setiap tahunnya,” ujarnya usai menyerahkan bantuan makanan tambahan untuk anak terindikasi stunting di Dukuh Pandean, Kabupaten Batang pada Selasa (7/3/2023).

Dalam kegiatan, Kodim merangkul Pemda, Polres, Dewan Perwakilan Rakyat, Kejaksaan dan Pengadilan untuk terjun langsung ke lapangan agar tepat sasaran, karena melihat kondisi nyata di lapangan.

“Kami tidak hanya mendapat informasi dari laporan saja, tapi benar-benar membuktikan dengan bertemu orang tua dan anak penderita stunting. Semoga ini dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Batang,” ungkapnya.

Orang tua dari Adisti, batita penerima bantuan makanan tambahan, warga Dukuh Pandean, Sri mengungkapkan, berat badan putrinya ini tergolong masih belum sesuai standar berat badan anak seusianya.

“Berat badannya baru 11 kilogram, untuk anak usia 2 tahun sebetulnya harus lebih dari 12 kilogram. Alhamdulillah dapat bantuan makanan tambahan seperti susu, kacang hijau dan biskuit agar anak saya tetap sehat, berat badan bisa ideal, jadi tidak stunting,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, sejumlah komunitas motor dan masyarakat ikut berpartisipasi membagikan paket makanan tambahan, sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Batang.

Ning Suparningsih