blank
Pengunjung pameran International Art Exhibition#2 2023 yang diselenggarakan Prodi Seni Rupa Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta yang dibuka Selasa malam (7/3) di Jogja Gallery. (Dok)

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 124 karya seni dari 45 seniman Indonesia dan sejumlah karya seni 15 perupa dari 12 negara, dipamerkan pada event International Art Exhibition#2 2023 yang dibuka Selasa malam (7/3) di Jogja Gallery, Jalan Perkapalan Nomor 7 Alun-alun Utara Yogyakarta.

Kegiatan itu digagas Prodi Pendidikan Seni Rupa Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta bekerja sama dengan L-Project dan Art Koridor sebagai media partner.

Ketua Panitia International Art Exhibition#2 2023, Moh Rusnoto Susanto melalui rilis menerangkan, karya seni yang dipamerkan 124 buah dari 45 seniman muda yang lolos seleksi.

Jumlah seniman yang mengirimkan karya berpartisipasi pada pameran sebanyak 145 orang dari seluruh Indonesia. Namun yang lolos seleks 124 karya seni dari 45 seniman. Jumlah itu masih ditambah karya seni 15 perupa dari 12 negara.

Rusnoto menerangkan, pada pameran itu juga diputar film Ki Hadjar Dewantara. Selain itu, karya seni yang dipamerkan sangat beragam. Antara lain seni lukis, seni grafis, seni patung, desain, kerajinan dan video art.

Dosen Seni Rupa UST itu mengaku bangga karena para perupa dari dalam maupun luar negeri mengikuti event yang digelar tiga tahun sekali sangat banyak.

‘’Tiga tahun yang lalu hanya 9 negara yang berpartisipasi dalam event pameran ini. Pameran kali ini tercatat 12 negara yang berpartisipasi. Terjadi peningkatan jumlah peserta luar negeri. Sebagian hadir langsung dalam pameran ini, dan sebagian lagi hanya mengirimkan karyanya untuk dipamerkan,’’ terang Rusnoto.

Dia menambahkan, pameran ini didedikasikan untuk Pahlawan Nasional Ki Hadjar Dewantara. Karena itu, sejak tahun 2017 diberikan penghargaan berupa Dewantara Art Award untuk seniman muda baik dalam maupun luar negeri.