blank
Ilustrasi manfaat pisang raja untuk kesehatan. Foto: Dok/agrozine.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selain nikmat dan cocok dikonsumsi sehari-hari, pisang raja memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Buah pisang sendiri terdiri dari berbagai jenis, yang salah satunya adalah pisang raja. Meskipun pisang raja masih termasuk dalam keluarga pisang, tetapi terlihat cukup berbeda dengan pisang Cavendish. Perbedaan antara keduanya yaitu pisang Cavendish sering dijadikan pencuci mulut, karena rasanya manis.

Sedangkan pisang raja, biasanya dimasak terlebih dahulu sebelum disantap, dan memiliki rasa yang kurang manis. Namun, banyak juga orang mengkonsumsi pisang raja secara langsung. Dikarenakan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan kita.

Dikutip dari Suara.com, ada lima manfaat pisang raja untuk kesehatan, seperti yang dilansir dari laman medicalnewstoday.com dan healthline.com.

1. Bisa mengontrol diabetes

Bagi seseorang dengan diabetes, manajemen kontrol glikemik sangatlah penting, terutama bagi mereka yang memiliki diabetes tipe 2. Kadar gula darah tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi, harus balance atau seimbang.

Dikutip Web MD, jika kamu mengkonsumsi pisang raja, maka tidak akan dicerna di usus kecil. Sehingga sangat aman bagi penderita diabetes, karena tidak akan membuat kadar gula darah kamu melonjak. Selain itu, makanan yang dicerna lebih lambat juga memiliki indeks glikemik yang tergolong rendah.

Kamu bisa konsumsi pisang raja dengan langsung memakannya saja atau bisa kamu buat menjadi kue dengan takaran yang aman bagi penderita diabetes.

2. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih sehat

Untuk menjaga kesehatan, kamu harus memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, agar bakteri, virus, hingga hal lain penyebab timbulnya penyakit tidak masuk ke dalam tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga mampu menangkal radikal bebas, lho.

Untuk mendapatkan bantuan agar bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu bisa mendapatkannya melalui konsumsi pisang raja. Sebab, sistem kekebalan tubuh membutuhkan sejumlah vitamin dan protein tertentu agar selalu sehat.

Diketahui pisang raja mengandung vitamin C, vitamin B6, dan magnesium yang menjadi mikrotunien penting. Sayangnya diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai apakah konsumsi nutrisi ini dalam pil akan memberikan perlindungan yang sama bagi tubuh.

3. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tidak stabil atau tekanan darah tinggi akan menimbulkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Dikuti Medical News Today, pisang raja memiliki unsur kimia yang disebut kalium atau potasium yang baik untuk fungsi jantung, saraf, dan otot.

Sehingga dapat membantu memetabolisme karbohidrat mensintesis protein. Diketahui makanan yang mengandung kalium ini bisa membantu mengatur tekanan darah kamu, serta membantu mengurangi risiko terkena stroke.

4. Bermanfaat untuk manajemen berat badan

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kesehatan dan menjaga berat badan, maka kamu perlu menerapkan manajemen berat badan dengan mengubah gaya hidup hingga memodifikasi nutrisi. Kamu bisa memakan pisang raja untuk mendapatkan manfaatnya agar membantu kamu dalam manajemen berat badan.

Dikutip healthline, karbohidrat tidak seburuk yang kita pikirkan untuk manajemen berat badan. Kamu bisa konsumsi pisang raja yang mengandung karbohidrat kompleks dalam serat dan patinya. Serat dan karbohidrat kompleks dicerna lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat sederhana dari makanan olahan.

Tentunya hal ini membuahkan manfaat bagi kamu yang fokus dengan manajemen berat badan, yaitu bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jadi, kamu bisa mengurangi ngemil-ngemil makanan yang tidak sehat.

5. Baik untuk kesehatan jantungmu

Jantung merupakan organ vital yang penting bagi tubuh, karena jantung berfungsi untuk memompa darah sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi bisa terpenuhi dalam tubuhmu. Jika kamu ingin menjaga kesehatan jantung, maka kamu bisa konsumsi pisang raja.

Ada sejumlah potasium yang tinggi di dalam pisang raja, sehingga bisa menjaga sel dan cairan tubuhmu yang bekerja untuk mengontrol detak jantung, serta tekanan darah. Pisang raja juga bisa menurunkan kolesterol, jadi sangat baik buat jantung kamu.

Pisang raja sangat mudah ditemukan di pasar swalayan. Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi pisang raja, kamu bisa memakan sewajarnya saja. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan olahraga secara teratur. Apakah kamu tertarik untuk memakan pisang raja?

Ning Suparningsih

agrozine.id