blank
Foto Selfie Petugas kebersihan DLH Blora,yang sedang  mengikuti arak - arakan piala adipura 2022,di sepanjang jalan kota Blora. Minggu, 5 Maret 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora 

BLORA (SUARABARU.ID) – Ratusan petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, Minggu pagi, 5 Maret 2023, bersama Bupati Blora melakukan kirab piala Adipura tahun 2022 yang diterima Kota Blora sepekan lalu.

Start dari alun-alun,  oleh Bupati Blora, piala adipura diserahkan kepada petugas kebersihan DLH Blora, yang selama ini menjadi pahlawan kebersihan lingkungan, selanjutnya, para petugas kebersihan itu secara bersama-sama piala Adipura 2022 diarak dengan jalan kaki dan diiringi kesenian Barongan Blora.

Dari depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, piala Adipura diarak menyusuri Jl. Alun-alun Utara – Jl. Pemuda – Jl. Tentara Pelajar – Jl. Dr. Sutomo – Jl. RA. Kartini – dan kembali ke Alun-alun kota.

Semuanya tampak bahagia. Wajar, karena  sudah lima tahun lebih Blora gagal mendapatkan Adipura (terakhir 2016). Dan tahun ini  berhasil mendapatkan Adipura  kategori Kota Kecil Terbersih dengan pengelolaan sampah yang baik.

Haru Pegang Piala Adipura

Ratusan petugas kebersihan yang terdiri dari tukang sapu, sopir truk sampah, pengendara bak sampah roda tiga, tim sapu bersih sampah liar, hingga petugas TPA tampak bergiliran memegang piala Adipura sambil sesekali berswafoto bersama Bupati Blora di sepanjang jalan.

Seperti yang dilakukan Ngatmi, tukang sapu jalanan yang dengan semangat memegang piala Adipura 2022 sambil berjoget mengikuti iringan musik barongan.

Demikian juga, Lasti, salah satu petugas kebersihan yang sudah senior merasa senang bisa memegang piala Adipura sambil foto bersama dengan Bupati Blora saat arak – arakan di Jalan Tentara Pelajar.

“Senang rasanya, senang banget. Sudah lama tidak dapat Adipura, akhirnya sekarang bisa pegang lagi. Maturn uwun Pak Bupati yang sudah menggelar acara ini. Kami jadi bangga dan lebih semangat untuk menyapu sampah setiap hari,” ucap Ngatmi.

Sedangkan Lasti juga sama. Dirinya merasa haru, karena dapat memegang langsung Piala Adipura yang sudah lama diidamkan dapat diraih kota Blora.

“Tahun 2016 dulu saya menerima piala ini di Alun-alun. Sekarang 2023 alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk menerima dan membawanya kembali. Kami senang, bangga. Apalagi Pak Bupati juga mengajak kita semua sarapan bersama di Pendopo. Baru kali ini kita masuk pendopo dan makan bareng. Semoga kedepan Blora semakin bersih. Kami mohon masyarakat jangan buang sampah sembarangan,” harap Lasti.

Sarapan Bersama

Kepala DLH Blora, Istadi Rusmanto, menyampaikan bahwa jumlah petugas kebersihan yang mengikuti kirab Adipura ini sebanyak 144.