blank
Direktur Utama PT GMM, Frankie Makaminang (kedua dari kiri), menyerahkan simbolis kunci truk FAW kepada Presiden Direktur PT Siba Surya, Stefanus Suryaatmaja (kedua dari kanan), di Kantor PT Siba Surya, di kawasan Kaligawe, Semarang, Kamis (2/3/2023). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Presiden Direktur PT Siba Surya, Stefanus Suryaatmaja mengatakan, armada truknya yang lama masih akan digunakan, namun untuk aktivitas yang tidak terlalu berat. Hal itu dilakukan, terkait dengan usai truk yang sudah digunakan sekian lama.

Hal itu seperti yang disampaikannya, usai dilakukan serah terima sebanyak 150 unit FAW Truck JH6, dengan tipe FD 460 TH, dari PT Gaya Makmur Mobil (GMM) selaku agen Pemegang Merk (Sole Distributor) dari First Automobile Work (FAW), kepada PT Siba Surya, di kantor Jalan Kaligawe, Semarang, Kamis (2/3/2023).

Diakuinya, dengan adanya 150 unit truk FAW dari 600 unit yang dipesan, truk-truk yang lama akan berganti operasionalnya. Armada yang lama, hanya akan mengangkut barang-barang yang tidak terlalu berat, dan dengan jarak tempuh yang tidak terlalu panjang.

BACA JUGA: Pemkot Apresiasi PWI yang Ikut Kenalkan Visi Semarang sebagai Kota Pariwisata dan Jasa

”Kami tetap akan menggunakan armada truk yang lama, namun hanya digunakan untuk mengangkut barang dengan tonase kecil. Selain itu, jarak tempuhnya tidak terlalu jauh,” kata Stefanus dalam keterangannya pada awak media.

Menurut dia, pihaknya memperbarui armada dengan truk FAW, salah satunya dari sisi mesin, dan cocok untuk melayani transportasi logistik yang mumpuni. Truk ini juga untuk menambah modal barang baru, guna memenuhi kebutuhan pelayanan pengguna jasa, seperti industri baja, pupuk, dan lainnya.

”Ini kali lakukan, guna memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan percepatan pelayanan. Harga yang kompetitif serta mampu menjangkau segala macam medan di semua wilayah Indonesia, menjadi salah satu alasan kami memutuskan menggunakan unit FAW,” imbuhnya.

BACA JUGA: Tanggul Jebol Tak Mungkin Dikerjakan Sendiri oleh BBWS

Disampaikan juga, dengan pembukaan cabang baru FAW di Semarang, akan semakin memudahkan dalam mendukung kelancaran operasi unit armada barunya ini. Terutama terkait techical support maupun after sales services.

Sementara itu, Direktur Utama PT GMM, Frankie Makaminang menyatakan, pengiriman truk FAW dilakukan secara bertahap, dalam beberapa periode hingga akhir tahun ini. ”Harapannya, tahun ini juga sudah dapat terkirim secara keseluruhan,” jelasnya.

FAW JH6 FD 460 TH sendiri, lanjut dia, merupakan salah satu produk utama FAW dengan tipe tractor head, yang merupakan produk paling canggih dikelasnya. FAW punya output power 460HP di 1.900 rpm, dan maksimum torsi di 2.200Nm. Truk ini mampu memberikan power yang besar di rpm yang rendah, sehingga akan menghasilkan efisiensi BBM yang tinggi.

BACA JUGA: Melalui Program BUMN, Erick Thohir Tingkatkan Kesejahteraan untuk Keluarga Pekerja BUMN di Gresik

”FAW JH6 telah memenuhi standar EURO 5 yang melampui dari standar EURO 4, yang ditetapkan pemerintah pada 2022 lalu, untuk mesin diesel,” tambah dia.

Untuk memperluas jaringannya, PT GMM pada 28 Januari 2023 telah meresmikan cabang baru di Kawasan Pergudangan Diamond Cipta Niaga, Jalan Arteri Yos Sudarso no A15, Semarang.

GMM juga memiliki SDM mekanik yang sangat berpengalaman dan tersertifikasi, untuk memastikan unit yang diterima konsumen dalam kondisi optimal, dan memiliki usia pakai lebih panjang.

”Di negeri asalnya, FAW dipercaya Pemerintahan Cina sebagai salah satu brand kendaraan resmi kenegaraan. FAW merupakan perusahaan otomotif terbesar di Cina, dengan produksi tahunan lebih dari 3,5 juta unit. Dengan persentase pasar truk lebih dari 20 persen, menjadikan FAW penguasa pasar truk kelas medium-heavy nomor satu di Cina sampai sekarang ini,” tegasnya.

Riyan