blank
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menengok lokasi tanggul jebol di sungai dawe Kudus. Foto: hms

KUDUS (SUARABARU.ID)- Tanggul Sungai Dawe di Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus yang jebol mendapat perhatian dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada, Jumat (3/2/2023). Ganjar langsung menengok lokasi tanggul yang jebol tersebut.

Di lokasi, Ganjar didampingi Bupati Kudus Hartopo dan Kepala BBWS Pemali-Juwana Adek Rizaldi melihat tanggul jebol Sungai Dawe yang tampak sudah dilakukan penanganan sementara.

“Kami melakukan penanganan sementara ditanggul dengan karung pasir, sekat bambu,dan pakai kawat juga,” kata Adek kepada Ganjar.

Baca Juga: SMKN Jateng Masih Gunakan Dana APBD

Kepala BBWS menjelaskan, hingga hari ini pihaknya telah memantau tanggul sepanjang 2.344 kilometer di wilayah sungai Pemali-Juwana. Hasilnya, ditemukan sebanyak 42KM tanggul yang rawan dan 19 dan antaranya masuk dalam kategori kritis.

Ganjar mengatakan, penanganan tanggul jebol ini tidak mungkin dikerjakan sendiri oleh BBWS. Pemerintah daerah, baik kabupaten maupun provinsi juga harus ikut membantu.

“Termasuk desa, melihat dan mengidentifikasi. Maka yang lain kalau kita buat sistem informasi maka itu yang berbahaya, kita mesti alert. Titik-titik rawan itu bisa diberikan tanda, sehingga kawan-kawan kades ini bisa kita minta untuk siaga. Ini yang khusus sungai,” tegas Ganjar.

Baca Juga: Industri Butuh Banyak Tenaga Anak-anak SMK

 

blank
Kondisi tanggul jebol di Sungai Dewe Kudus. Foto: hms

Dari pantauan itu, Ganjar juga melihat masih tampak sisa banjir dari pasir di halaman rumah warga. Ganjar mengusulkan agar pasir yang terbawa banjir itu dapat dimanfaatkan.

Di sisi lain, Ganjar juga memperhatikan genangan banjir di ruas-ruas jalan protokol Kabupaten Kudus. Penanganannya harus cepat, kata Ganjar dengan dilakukannya penyedotan.

“Di area-area keramaian seperti kota, jalan-jalan yang dilalui transportasi itu cepat kita keringkan. Kalau kita sedot buangnya kemana, alatnya seperti apa, carinya di mana, mesti disiapkan dan kita kerahkan,” papar Ganjar.

Baca Juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Bisa Jadi Center of Excellent

Selain berkoordinasi dengan BBWS, Ganjar juga akan menghubungi Pangdam IV Diponegoro untuk bantuan tenaga. Sinergi ini dilakukan agar tidak terjadi lagi tanggul jebol.

“Kalau kita lihat seluruh Jawa kan tidak seperti ini, tapi Pantura kencang hujannya. Maka kita masih standby sampai akhir bulan. Maka selama satu bulan ini kita akan koordinasikan di area-area rawan. Kalau butuh tenaga lebih banyak, kita kontak TNI untuk membantu itu,” tandasnya.

Sebagai informasi, Tanggul Sungai Dawe yang berada di RT 4 RW 4 Dukuh Golan kembali jebol pada, Kamis (2/3/2023) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Tanggul Sungai Dawe yang jebol di Desa Golantepus ada tiga titik, yakni di RT 3 RW 1, dan RT 4 RW 4, serta RT 4 RW 3, dengan panjang tanggul bervariasi. Penanganan dilakukan dengan membuat tanggul sementara menggunakan karung berisi pasir.

Riyan