blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: hms

SOLO (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta masyarakat untuk ikut menjaga Masjid Raya Sheikh Zayed, yang sudah dibuka untuk umum. Dia ingin masjid terbesar di Kota Solo ini, bisa menjadi Center of Excellent, sebagai ruang diskusi, kajian, dan tempat untuk menularkan kebaikan.

”Pengelolaan masjid ini ada di Pemkot Surakarta. Setelah dibuka, masjid ini harapannya bisa segera berfungsi, dan pasti banyak orang yang ingin beribadah di masjid itu, karena bagus banget,” kata Ganjar, saat mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, di Solo, Rabu (1/3/2023).

Diceritakan dia, saat pembukaan Masjid Raya Sheikh Zayed oleh Wapres Ma’ruf Amin pada Selasa (28/2/2023) malam, sebenarnya banyak masyarakat yang ingin hadir, tetapi kapasitas untuk acara itu dibatasi. Namun antusias warga yang datang untuk Shalat Subuh berjamaah pertama kali di masjid itu, sangat besar.

BACA JUGA: Kota Magelang Raih Penghargaan Adipura Tahun 2022

”Kemarin saat Pak Wapres membuka, ternyata banyak masyarakat yang ingin ikut hadir. Tapi kapasitasnya dibatasi. Yang luar biasa tadi pagi, Subuhan untuk yang pertama kali bareng dengan Pak Wapres, luar biasa Masya Allah. Masyarakat juga cukup antusias,” tuturnya.

Antusiasme yang besar itu, tentu tidak akan terjadi pada hari pertama pembukaan masjid untuk umum. Menurut Ganjar, arsitektur masjid yang bagus itu, juga menjadi daya tarik tersendiri, sehingga berpotensi menjadi destinasi wisata religi.

”Yang diperlukan sekarang, mari kita jaga bersama kebersihannya, tamannya dijaga, pokoknya tidak boleh nyampah di sana. Ini pasti akan menjadi tempat destinasi baru, apalagi kalau orang yang ingin ziarah dan sebagainya, pasti akan sangat tertarik untuk datang ke masjid ini. Biasanya banyak kelompok yang datang,” ungkap Ganjar.

BACA JUGA: RS Wongso Negoro Sambut Baik Ajakan Kerja Sama dengan KONI Jateng

Masjid Raya Sheikh Zayed ini diharapkan tidak hanya sekadar menjadi tempat ibadah atau destinasi wisata religi saja, tetapi juga bisa menjadi Center of Excellent. Apalagi di areal masjid, masih ada satu proyek yang dikerjakan, yaitu Islamic Center.

Satu fasilitas yang juga mendukung untuk menjadikan masjid sebagai Center of Excellent adalah, keberadaan perpustakaan. Disampaikan Ganjar, saat ini banyak masjid yang juga memiliki perpustakaan, sehingga orang bisa banyak belajar.

”Center of Excellent-nya itu adanya perpustakaan. Orang bisa diskusi, melakukan kajian, dan orang bisa membaca banyak buku. Buku agama atau mungkin lainnya. Banyak juga masjid sekarang punya perpustakaan, sehingga orang bisa belajar banyak hal,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ganjar Pranowo mendampingi kunjungan Wapres Ma’ruf Amin di Solo, Selasa (28/2/2023), membuka Masjid Raya Sheikh Zayed untuk umum. Paginya, pada Rabu (1/3/2023), Ganjar dan Ma’ruf Amin melaksanakan Shalat Subuh berjamaah perdana, bersama masyarakat.

Riyan