Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama dengan Anies Baswedan pada pertemuan Majelis Tinggi Partai Demokrat di Jakarta. Foto: Istimewa.

JAKARTA (SUARABARU.ID)- Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan  gabungan koalisi partai politik untuk membangun perahu “Koalisi Perubahan” sudah lengkap, dengan bergabungnya Partai Keadilan Sejahtera dengan Partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024 mendatang.

“Keputusan Majelis Tinggi Partai Demokrat untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden yang diusung bersama, ini memberikan kekuatan hukum pada deklarasi Partai Demokrat yang sebelumnya sudah disampaikan kepada publik pada tanggal 26 Januari 2023 lalu,”  kata ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam keteranga  pers yang diterima Jumat (3/3/2023).

AHY mengatakan, sebelumnya pada Rabu (1/3) malam lalu, Majelis Tinggi Partai  Demokrat melaksanakan rapat dipimpin Ketua MTP, Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam rapat tersebut menetapkan salah satunya mengusung capres Anies Baswedan untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

Menurutnya, kewenangan yang dimiliki Majelis Tinggi Partai tersebut sebagai ketetapan hukum Partai Demokrat, sesuai yang diatur dalam AD/ART Partai Demokrat tahun 2020.

 

Ia menambahkan, saat  pertemuan langsung dengan MTP Kamis  (2/3/2023), Anies Baswedan juga  berinteraksi, menyampaikan tanggapan, sekaligus menyampaikan visi dan gagasan besarnya. Yakni, tentang  mengapa perubahan itu harus dilakukan.

Menurutnya, Partai Demokrat menemukan banyak sekali kesamaan cara pandang dan kesamaan tujuan dengan Anies Baswedan.

“Mudah-mudahan silaturahim semacam ini juga semakin memperkuat chemistry diantara keluarga besar Partai Demokrat dengan Bapak Anies Baswedan, juga semakin menguatkan sinergi, kolaborasi,” ujarnya.

Sementara itu, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan rasa terima kasih atas ketegasan sikap dan dukungan Partai Demokrat terhadap dirinya untuk maju dalam Pilpres 2024 mendatang.

“ Partai Demokrat kembali menegaskan komitmen untuk berjalan bersama ke depan. Menegaskan sikap atas diskusi, pembahasan yang kita lakukan bersama-sama, di dalam Majelis Tinggi. Dimana menetapkan untuk mengusung kami sebagai calon Presiden untuk Pemilu 2024, bersama partai pengusung lain; Partai NasDem dan PKS,” katanya.

Pada pertemuan tersebut juga dihadiri Ketua  Umum Partai Demokrat sekaligus Wakil Majelis Tinggi Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono , Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Edhie Baskoro Yudhoyono, Andi Mallarangeng, Hinca Pandjaitan, Melani Suharli, Sarjan Tahir, Indrawati Sukadis. Juga, Sri Sumaryanti Budhisantoso, Jafar Hafsah, EE Mangindaan, Nachrowi Ramli, dan Amir Syamsuddin. W. Cahyono