Ilustrasi manfaat daun sirsak bagi kesehatan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah sirsak memiliki rasa manis dan asam. Buah sirsak biasa dimanfaatkan sebagai campuran membuat minuman atau sering juga dimakan langsung karena rasanya yang segar.

Buah ini mengandung banyak vitamin C dan Kalium yang baik untuk kesehatan tubuh. Kalium dalam buah sirsak berperan penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Suara.com selain buahnya, daun sirsak juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bahkan, daun sirsak banyak digunakan sebagai obat herbal sejak zaman dahulu kala.

Sekarang ini daun buah sirsak juga banyak diambil manfaatnya dengan dibuat menjadi minuman hangat seperti teh.

Baca Juga: Selain Melancarkan Peredaran Darah, 4 Manfaat Mengonsumsi Teh Saat Sahur dann Berbuka Puasa

Teh daun sirsak ini dipercaya memiliki sangat banyak manfaat bahkan sangat dianjurkan terutama untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Dilansir dari Freshly Rooted Tribe, berikut lima manfaat teh daun sirsak bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat pertama dan bisa dibilang yang paling dicari adalah kemampuan daun sirsak untuk membangun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu tubuh melawan patogen sekaligus melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidasi.

Vitamin C bukan satu-satunya antioksidan dalam daun sirsak. Daun sirsak juga mengandung fitosterol, yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah; tanin, yang mengandung efek antimikroba; serta flavonoid, yang mengatur aktivitas seluler dan melawan radikal bebas.

Baca Juga: Ini 5 Jenis Teh Dengan Berbagai Manfaatnya Wajib Dicoba

Ada banyak juga yang memilih untuk meminum teh daun sirsak sebagai upaya untuk menangkal penyakit dan mempertahankan tubuh mereka dari virus serta bakteri. Anda juga bisa meminum teh daun sirsak sebagai tindakan pencegahan atau untuk membantu mempersingkat penyakit seperti flu biasa.

2. Melawan peradangan

Radikal bebas dalam tubuh Anda tidak hanya menyebabkan penyakit, mereka juga dapat menyebabkan stres dan peradangan. Sifat antioksidan dalam teh daun sirsak tidak hanya membantu kesehatan kekebalan tubuh Anda.

Hal ini juga dapat membantu meringankan gejala dengan kondisi kronis yang disebabkan oleh peradangan, seperti pada asma, penyakit jantung, diabetes, penyakit alzheimer, dan radang sendi.

Bahkan jika Anda tidak sedang menghadapi salah satu kondisi di atas, minum teh daun sirsak dapat meredakan ketegangan dan kejang yang disebabkan oleh cedera atau olahraga, serta bisa juga sebagai alternatif untuk kembali menyegarkan tubuh.

Baca Juga:Dapat Meningkatkan Kecemasan, 3 Efek Samping Terlalu Sering MengonsumsiTeh

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat dalam sirsak berpotensi untuk meringankan sembelit. Teh daun sirsak juga dapat memperlambat pencernaan Anda dan mencegah keinginan untuk memakan makanan manis guna menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Beberapa penelitian bahkan mengklaim bahwa daun sirsak dapat melawan penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Selain itu, sifat antivirus dan anti-parasit dalam daun sirsak dapat mencegah cacing usus dan parasit lain menyusup ke saluran pencernaan Anda.

Tidak hanya itu, jika buah sirsak dijadikan jus, buah ini akan berfungsi sebagai diuretik, yang bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan dan menghilangkan kelebihan natrium yang sering menyebabkan kembung.

4. Menstabilkan tekanan darah Anda

Seperti yang disebutkan di atas, buah sirsak sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Kaya Vitamin, 5 Manfaat Teh Kombucha Bagi Kesehatan Tubuh

Begitu pula dengan daun sirsak, daun sirsak mengandung potasium tingkat tinggi dan jumlah zat besi yang menumpuk . Bahan-bahan ini bekerja sama untuk menurunkan tingkat tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium dalam daun sirsak juga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik. Sementara zat besi membantu mengatur detak jantung dan ketegangan menjadi lebih normal.

5. Berpotensi mencegah kanker

Dalam International Journal of Applied Science and Technology tahun 2012, sirsak terbukti memiliki efek sitotoksik (racun) terhadap sel kanker. Selain buahnya, daun sirsak juga terbukti mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Itulah tadi lima manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi teh daun sirsak.

Claudia