blank
Ka. Kankemenag Jepara didampingi Ketua Pergunu, Plh LP Ma'arif Jepara, Tim Erlangga, dan Narasumber (Foto: Sub)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jepara terus bergerak untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang akan mengawal penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Setelah menggelar sosialisasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada tanggal 11 Oktober 2022 yang diikuti Kepala Madrasah naungan LP Ma’arif NU Jepara, hari ini 25 Februari – 26 Februari 2023 mengadakan Bintek Implementasi Kurikulum Merdeka, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5).

Sebanyak 123 Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum MTS-MA naungan LP Ma’arif NU Jepara berkumpul di aula 2 LP Ma’arif NU guna mengikuti kegiatan Bintek IKM yang diselenggarakan atas kerjasama LP Ma’arif, PC Pergunu, dan Penerbit Erlangga Semarang. Adapun untuk hari kedua, Minggu, 26 Februari 2023 kegiatan Bintek IKM akan diikuti 113 kepala Madrasah di bawah naungan LP Ma’arif Jepara.

blank
Drs. H. Muh. Habib, M. M., membuka acara Bimtek IKM Waka kurikulum MTS-MA (Foto: Sub)

Hadir dalam acara pembukaan Bimtek, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Drs. H. Muh. Habib, M. M. didampingi Plh. Ketua LP Ma’arif NU Jepara, Mualimin, M. Pd. I., Ketua PC Pergunu Jepara, Achmad Makhali, M. Pd., Pengurus KKMTs 02, dan Pengurus K KKMA 02 Jepara.

Kegiatan yang bertujuan untuk membekali Kepala dan Waka. Kurikulum madrasah ini menghadirkan narasumber Dr. Amiroh Ambarwati, S. Pd., M. A., Widyaiswara Balai Diklat dan Keagamaan ( BDK) Semarang, yang juga sebagai Ketua Tim Penjaminan Mutu BDK Semarang.

blank
Peserta Bimtek IKM MTs-MA Naungan LP Ma’arif NU Jepara (Foto: Sub)

Drs. Muh. Habib, M.M. saat membuka acara berpesan agar peserta mengikuti kegiatan Bintek dengan baik karena Waka Kurikulum bersama Kepala madrasah punya tanggung jawab terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka.

“Melihat aura peserta nampak aura maju, gerak cepat, dan inovatif. Saya yakin IKM dapat berjalan sukses. Tapi nanti kalau tidak sukses Waka Kurikulum yang punya dosa,” selorohnya.

Ia juga mengingatkan kepada penyelenggara Bimtek agar punya target, terukur, manfaat, dan hasilnya bisa dirasakan.

blank
Peserta Bimtek IKM Waka. Kurikulum MTs-MA (Foto: Sub)

Mualimin, Plh Ketua LP Ma’arif NU Jepara juga mengingatkan kepada peserta agar selalu responsif terhadap regulasi pendidikan. ” Perubahan adalah keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Apapun kebijakan yang diambil terhadap pendidikan kita sikapi dengan positif. Kami mohon Bapak Ibu mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga harapan kita untuk membentuk generasi unggul dan berprestasi dapat terwujud, ” pinta Mualimin.

Secara khusus ia mengapresiasi kebersamaan Waka. Kurikulum MTS-MA bergabung dalam kegiatan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka. ” Saya merasa bangga para Waka. Kurikulum MTS-MA bersatu duduk bersama untuk memikirkan kemajuan pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Jepara,” pungkasnya

Sub