blank
Para pemenang lomba maskot dan logo Porprov 2023, berfoto bersama seusai menerima hadiah. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– KONI Jawa Tengah memberikan hadiah berupa uang tunai, yang secara resmi diterimakan kepada para pemenang lomba desain logo dan maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023.

Meski hadiah uang dikirim melalui rekening masing-masing, namun enam pemenang tetap dihadirkan ke Kantor KONI Jateng, untuk menandatangani bukti tanda terima.

Penyerahan hadiah secara simbolis dilakukan Ketua Panitia Darjo Soyat, didampingi Seksi Dokumentasi M Bagus Fathurrahman, di Kantor KONI Jateng, Komplek GOR Jatidiri, Semarang, Rabu (22/2/2023).

BACA JUGA: Siswi MTs NU Banat Kudus Raih Medali Perunggu di Semarang Robotic Games 2023

Para Juara I seperti Ikhsan Dwiono (maskot/Kota Semarang) dan Hendrik Ferdiansyah (logo/Brebes), masing-masing mendapat hadiah Rp 10 juta. Kemudian Juara II Agung Harsanto (Grobogan/maskot) dan Setyawan Agus Subari (Boyolali/logo) menerima Rp 7,5 juta

Sedangkan Juara III untuk maskot, Wahyu Purnomo (Banyumas) dan untuk logo, Deri Setyawan (Kota Semarang) menerima Rp 5 juta.

Ada hal yang tidak diduga sama sekali oleh pemenang ketiga lomba logo, Deri Setyawan. Dia naik posisi, setelah peringkat ketiga sebelumnya, peserta asal Solo, terbukti dan mengakui, telah menjiplak karya milik orang lain.

BACA JUGA: Edy Sujatmiko : Loyalitas Pegawai Dibatasi Aturan

”Saya kaget sekaligus gembira, tiba-tiba diundang untuk mendapat hadiah lomba logo,” kata Deri, usai menerima hadiah.

Menurut Darjo, setelah pengumuman lomba pada akhir Januari lalu, memang ada informasi dari peserta, yakni adanya plagiasi. Aksi plagiasi itu untuk peringkat dua dan tiga lomba maskot serta posisi ketiga lomba logo.

”Setelah kami diskusi dengan juri, disebutkan ada kemiripan di lomba maskot. Namun itu bisa ditoleransi. Namun untuk logo, dan yang bersangkutan juga mengakui, maka gelar juara dibatalkan,” ujarnya.

Sementara itu, sebagai Juara I Lomba Maskot Porprov 2023, Ikhsan Dwiono menyebut, keikutsertaannya dalam lomba itu, sebagai wujud dukungan pembinaan olahraga lewat maskot. ”Saya siap kalah dan menang. Alhamdulillah, menang,” ujar dia singkat.

Riyan