blank
Iustrasi teh hijau. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kopi terkenal sebagai minuman yang dapat menghilangkan rasa kantuk dan sangat digemari oleh banyak orang. Tetapi ternyata tidak semua orang suka atau kuat minum kopi, bisa jadi karena ada penyakit maag atau tidak suka dengan rasa kopi tersebut.

Selain itu bila dikonsumsi berlebihan kopi dapat menyebabkan efek samping seperti meningkatkan detak jantung, keringat dingin, mengganggu jam tidur, tremor, dan meningkatkan asam lambung.

Ada minuman-minuman lain yang lebih sehat dan bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan kantuk bagi kamu yang tidak suka kopi atau ingin mengurangi mengkonsumsi kopi. Minuman sehat ini selain dapat mengurangi kantukmu, juga baik untuk kesehatan dan memberi energi yang baik untuk tubuh.

Beberapa minuman ini ada yang mengandung kafein, namun memiliki kadar kafein yang lebih rendah dari kafein di dalam kopi. Ada juga yang memiliki rasa yang segar sehingga dapat mengurangi rasa kantuk.

Baca Juga: 12 Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula untuk Kesehatan, Apa Saja?

Berikut lima minuman sehat pengganti kopi yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan kantukmu:

1. Teh hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang memiliki kandungan kafein. Walapun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kafein dalam kopi, namun kadar kafeinnya cukup untuk membuatmu kembali segar. Teh hijau juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya teh hijau memiliki kandungan untuk menurunkan kadar kolestrol dan memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Air lemon

Air lemon dapat menjadi alternatif untuk mengganti kopi. Rasanya yang segar dapat membantu mengurangi rasa kantuk dan memberikan energi untuk beraktivitas. Selain dapat mengurangi rasa kantuk, air lemon juga berguna untuk menjaga berat badan dan meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Setelah Minum Kopi Jadi Susah Tidur

3. Jahe

Selain berguna untuk menenangkan dan menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, meminum segelas air jahe di pagi hari dapat memiliki efek yang sama dengan kopi, tetapi jahe lebih memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Minum jahe di pagi hari dapat meredakan sakit perut dan meningkatkan mood yang baik di pagi hari.

4. Dark Chocolate

Dark chocholate menjadi salah satu alternatif kopi karena di dalamnya terdapat kandungan endorphin yang cukup tinggi sehingga merangsang otak untuk tetap fokus dan bekerja, selain itu juga dapat meningkatkan mood yang memberikan efek rasa senang dan bahagia.

Dengan meminum segelas dark chocolate akan mendorongmu untuk tetap terjaga dan berkonsentrasi dalam beraktivitas sepanjang hari.

5. Jus apel

Tidak seperti teh, jus apel tidak memiliki kandungan kafein. Tetapi buah apel memiliki kadar gula yang sama dengan satu sendok gula yang dicampur kedalam kopi. Selain kafein dalam kopi, gula yang dicampur didalamnya dapat membantu menstimulasi kerja sistem saraf sehingga meningkatkan kadar gula darah dan membuatmu merasa segar dan menjadi fokus.

Baca Juga: Ini 3 Tips Minum Kopi yang Aman Jika Kamu Punya Maag

Untuk menggantikan gula tersebut kamu dapat meminum jus apel agar membantumu fokus dalam bekerja. Kalau kamu tidak suka jus apel, kamu bisa memilih cara lain dengan memakan buah apel secara langsung.

Minum kopi untuk menghilangkan kantuk sebenarnya aman saja bila masih batas yang wajar dan tidak berlebihan. Tetapi kalau kamu ingin mencoba minuman lain yang memiliki efek yang sama dan lebih sehat, kamu bisa mencoba minuman-minuman alternatif di atas.

Selain dapat menghilangkan kantuk, juga dapat dikonsumsi oleh semua orang dan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Claudia