blank
Ilustrasi minuman kopi hitam. Foto: Ning suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Minum kopi menjadi ritual harian bagi para pecinta kopi. Minuman yang satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam takaran yang disarankan.

Beberapa pilihan kopi hitam juga bisa digunakan untuk diet karena rendah kalori. Melansir dari Sehatq.com, kopi pahit untuk diet biasanya adalah kopi yang rendah kalori dan sama sekali tidak mengandung gula. Jika ada kadar gula yang terkandung di dalam kopinya pun sangat sedikit.

Simak pilihan merk kopi hitam untuk diet yang rendah kalori di bawah ini. Kamu bisa dapatkan manfaat kopi jika dikonsumsi dengan benar. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan saat minum kopi.

1. Konsumsi kopi sebelum pukul 03.00 sore
Kopi dan senja bukanlah pasangan terbaik. Mengkonsumsinya pada sore atau malam hari bisa membuat kamu terjaga lebih lama. Biarpun setiap orang memiliki reaksi yang berbeda, baiknya sudahi konsumsi sebelum memasuki waktu sore.

2. Jangan tambahkan gula
Kopi bisa berubah jadi minuman yang berbahaya saat kamu menambahkan gula ke dalamnya. Gula bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan. Biarkan kopi dengan rasa alaminya untuk membuatnya tetap sehat.

3. Batasi jumlah konsumsinya
Minum kopi terlalu banyak hanya akan menghilangkan manfaatnya. Ada baiknya kamu hanya mengonsumsi 4-6 cangkir setiap harinya atau 400-600 mg. Kamu juga perlu melihat reaksi kopi pada tubuh setelah dikonsumsi. Sebagian orang memiliki sensitivitas tinggi terhadap sedikit kopi.

4. Hindari penggunaan krimer yang berlebihan
Menggunakan krimer untuk membuat rasanya lebih creamy mungkin bisa dilakukan satu atau dua kali. Namun, penggunaan yang berlebihan malah bisa meningkatkan risiko penyakit. Cobalah menggunakan susu segar untuk membuat kopi kamu nikmat.

5. Tambahkan cocoa atau kayu manis
Ada banyak bahan makanan yang bisa membuat kopi lebih nikmat. Kamu bisa memilih cocoa, kayu manis, atau rempah-rempah lainnya. Selain lebih enak, bahan makanan tersebut juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Diet dengan menggunakan kopi sangat mudah. Kamu hanya perlu menyeduh kopi dengan air panas untuk mendapatkan secangkir kopi hitam nikmat.

Ini merek kopi hitam rendah kalori yang bisa kamu pilih.

1. Nescafe Classic                                                                      Nescafe memiliki kopi hitam tanpa gula untuk diet. Produk Nescafe Classic dibuat dari seratus persen kopi murni dengan pengolahan yang baik. Bubuknya pun sangat mudah larut dengan air panas maupun air dingin.

Kopi dari Nescafe ini juga bisa dibuat dengan berbagai macam kreasi kesukaan kamu. Terlebih lagi, kopi ini tidak terlalu asam untuk lambung. Untuk ukuran 200 g, kopi Nescafe Classic dibanderol dengan harga Rp85-Rp87 ribu.

2. Excelso Arabica Gold                                                        Merek kopi hitam untuk diet yang juga cukup populer adalah Excelso. Produk Excelso Arabica Gold ini terbilang salah satu kopi rendah kalori yang aman dikonsumsi setiap hari. Kopi ini dibuat dengan biji kopi pilihan yang bisa menghasilkan aroma dan cita rasa kopi nikmat yang kental. Tingkat keasaman kopi Excelso Arabica Gold juga sangat rendah

Lebih enaknya lagi, terdapat juga produk easy drip yang dilengkapi dengan penyaring kopi. Jadi kamu tidak akan mendapatkan ampas kopi. Harga kopi ini pun masih sangat terjangkau sekitar Rp33-Rp35 ribu setiap kemasan.

3. Kopi Kapal Api Spesial                                                      Merek kopi ini sudah ada sejak 1970 dan tetap menjaga kualitasnya sampai sekarang. Aroma Kapal Api sangat khas dan paling dicari oleh penikmat kopi. Di samping itu, produk kopi pahit untuk diet ini juga terbilang sangat rendah kalori.

Untuk mengkonsumsinya, kamu perlu menyeduh bubuk kopi dengan air panas dan mengaduknya hingga rata. Setelah itu, kamu perlu menunggu sejenak agar ampas kopi turun dan menciptakan rasa terbaiknya. Kopi ini dibanderol dengan harga Rp30-Rp33 ribu untuk ukuran 380 g.

4. Tropicana Slim Café Latte                                             Tropicana populer dengan produk gula rendah kalori yang bisa dinikmati oleh para penderita diabetes. Sekarang kamu bisa menikmati produk kopi yang juga rendah kalori dan tanpa gula tambahan. Biarpun begitu, rasa kopi yang dihasilkan tetap nikmat untuk dikonsumsi.

Konsumsi kopi Tropicana Slim Café Latte setiap pagi untuk menghilangkan kantuk dan siap menjalankan aktivitas. Selain itu, kopi ini pun bisa dijadikan teman untuk camilan sehat kamu. Harga kopi Tropicana Slim ini hanya sekitar Rp30-Rp35 ribu.

5. JJ Royal Kopi Tubruk
Satu lagi merek yang tidak boleh ketinggalan adalah JJ Royal. Kopi tanpa gula untuk diet yang premium ini punya cita rasa khas yang sangat nikmat. JJ Royal juga hanya menggunakan biji kopi terbaik untuk setiap kemasannya.

Setiap sachetnya bisa menghasilkan kopi hitam rendah kalori yang sangat kental. Kamu bisa mengonsumsi 2-3 sachet kopi setiap harinya untuk mendapatkan manfaatnya. Kopi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp50-Rp60 ribu.

Ning Suparningsih