blank
Mahasiswa KKN Undip bantu kontrol pemberian tablet tambah darah pada siswa

(SUARABARU.ID)- Tablet tambah Darah (TTD) merupakan tablet penambah darah yang sudah mulai diberikan kepada siswi perempuan sejak menginjak usia 12 tahun. Pemberian TTD ini merupakan suatu hal penting sebab kegiatan ini berkaitan dengan kesehatan siswi terutama menstruasi.

Di Madrasah Ibtidaiah (MI) Al Falah, Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, pemberian TTD ini sudah rutin dilakukan satu minggu sekali pada hari Jumat.

Akan tetapi, karena kurangnya SDM di MI Al Falah, pemberian tablet tambah darah ini kurang terkontrol terutama pada saat konsumsi. Menyikapi hal tersebut, KKN Tim 1 Universitas Diponegoro mencoba membantu melalui program monodisiplin ‘Asistensi Program Konsumsi Tablet Tambah Darah Bersama pada Siswi MI Al-Falah.’ Program ini berisi dua kegiatan yaitu sosialisasi terkait pentingnya tablet tambah darah dan sesi konsumsi tablet tambah darah serentak.

Baca Juga: Lebih Menarik! Begini Hasil Relayout Interior Perpustakaan SDN Kaligangsa Kulon 02

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (20/01/2023) di ruang kelas 6 MI Al Falah. Sosialisasi berisi tentang pemaparan terkait tablet tambah darah yang sebaiknya dikonsumsi oleh remaja putri yang sudah menstruasi untuk mencegah DBD serta makanan dan minuman yang dilarang dikonsumsi atau dianjurkan dikonsumsi saat mengkonsumsi TTD. Siswi MI Al Falah terlihat antusias menyimak pemaparan yang diberikan.

Sebagai bentuk controlling, Tim KKN Undip kemudian memberikan kartu konsumsi TTD sehingga nantinya pihak sekolah dapat membantu mengecek terkait konsumsi TTD siswi MI Al Falah. “Terima kasih sudah membantu mensosialisasikan terkait pentingnya TTD serta cara mengkonsumsinya. Anak-anak jadi tahu bahwa untuk mengkonsumsi TTD harus sarapan terlebih dahulu dan membawa air putih,” ujar Ibu Ismi, Wali Kelas 6 MI Al Falah.

Penulis: Qonita Adibah (Fakultas Kedokteran – Ilmu Gizi)
Dosen Pembimbing : Retna Hanani, S.Sos., MPP.
Hafidh Khoerul Fata, S.Si., M.Si.
DR. Kardison Lumban Batu., SE., MSc
Lokasi KKN : Desa Kaligangsa Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah